komparase.com

Yamaha NMAX Turbo Jadi Primadona Baru Saat Rilis, Intip Spesifikasinya

Rabu, 26 Juni 2024 | 16:00 WIB
Yamaha Nmax Turbo (YIMM)
Yamaha Nmax Turbo (YIMM)

Sejak dirilis pada 12 Juni 2024 silam, Yamaha NMAX Turbo langsung menjadi primadona baru di kalangan pecinta motor matic. Hanya dalam 40 menit usai rilis, seluruh varian terbaru Yamaha Nmax 2024 langsung terjual 1.000 unit secara pre order melalui aplikasi e-commerce Blibli, dengan 40 persen di antaranya adalah pembelian varian Turbo.

Menurut pihak Yamaha, untuk penjualan secara offline seperti regular order di dealer atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), varian Turbo juga tetap paling diminati. Saking tingginya permintaan, pihak Yamaha bahkan meminta konsumen agar bersabar menanti pengiriman yang dijadwalkan dimulai per Bulan Juli, atau secepatnya di akhir Juni 2024.

Lantas, apa sebenarnya yang menarik dari skutik bongsor ini? Yuk, intip berbagai fitur dan spesifikasinya yang diklaim lebih canggih dibandingkan dengan model NMAX sebelumnya.

Desain Lebih Gagah dan Sporty

Yamaha NMAX Turbo mengusung desain yang lebih gagah dan sporty. Hal ini terlihat dari lekukan bodinya yang lebih tegas dan penggunaan lampu LED di bagian depan dan belakang. Skutik ini juga dilengkapi dengan windshield yang lebih tinggi untuk memberikan perlindungan saat berkendara di jalan raya.

Mesin Lebih Bertenaga

Yamaha NMAX Turbo dibekali mesin 155cc berpendingin cairan yang dilengkapi dengan teknologi Turbocharger. Teknologi ini mampu meningkatkan tenaga mesin hingga 150hp, jauh lebih bertenaga dibandingkan dengan NMAX biasa yang hanya memiliki tenaga 15hp.

Dukungan Teknologi YECVT

Tak hanya desain dan mesin, Yamaha NMAX Turbo hadir dengan gebrakan baru dalam teknologi CVT, yaitu Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT).

“Sebenarnya penamaan 'Turbo' itu untuk mengkomunikasikan teknologi terbaru dari Yamaha yakni Yamaha Electric CVT (YECVT). Kita mencoba mencari kata-kata atau istilah yang mudah dipahami," beber Deputy General Manager Marketing Communication Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, kepada OTO.com.

Teknologi ini tak hanya meningkatkan performa motor, tetapi juga membawa kemudahan dan efisiensi dalam proses servis dan perawatan. Bahkan, YECVT memastikan perpindahan gigi yang halus dan bebas getaran sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Komponen utama YECVT terdiri dari ECVT Motor, Transmission Control Unit (TCU), Sensor Motor Position, dan Speed Sensor yang bekerja sama untuk mengatur dan mendeteksi pergerakan transmisi.

YECVT sendiri menyingkirkan roller konvensional pada pulley depan, dan menggantinya dengan TCU yang canggih. Hal ini tentu saja menawarkan sejumlah keuntungan. Pertama, tak perlu lagi penggantian roller secara berkala sehingga menghemat waktu dan biaya. Kedua, ketahanan lebih lama lantaran tidak ada keausan atau masalah umum yang dihadapi roller konvensional.

Ketiga, teknologi YECVT memastikan perpindahan gigi yang halus dan responsif sehingga performa motor lebih optimal. Keempat, servis CVT NMAX Turbo menjadi lebih mudah dan ekonomis. Misalnya, servis CVT tak lagi rumit karena tak perlu membongkar CVT secara keseluruhan. Pengurangan komponen dan kemudahan servis seperti ini juga membantu menghemat biaya perawatan.

Lebih lanjut, YECVT memungkinkan pengendara untuk mengatur penuh respon akselerasi dan deselerasi untuk menghadirkan sensasi "Turbo" yang responsif. teknologi bru ini juga menghadirkan dua riding mode (T & S Mode) dengan tiga tingkatan (1 Low, 2 Medium, 3 High) dan meningkatkan aspek safety riding.

Adapun untuk jaminan kualitas, Yamaha Indonesia  menawarkan garansi elektronik selama 2 tahun atau 24.000 kilometer untuk perlindungan komponen, sedangkan bagian penggeraknya 3 tahun.

Fitur Canggih

Yamaha NMAX Turbo dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, di antaranya.

       Sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System)

       Sistem Traction Control System (TCS)

       Keyless Entry System

       Smart Key System

       Stop & Start System (SSS)

       Panel instrumen digital

Harga yang Kompetitif

Yamaha NMAX Turbo dibanderol dengan harga mulai dari Rp37,650 juta - Rp45,25 juta (tipe Tech Max Ultimate). Harga ini cukup kompetitif mengingat fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.

Spesifikasi Lengkap Yamaha NMAX Turbo

       Mesin: 155cc, 4-langkah, SOHC, berpendingin cairan, Turbocharger

       Tenaga: 150hp

       Torsi: 14Nm

       Transmisi: V-Matic

       Dimensi: 1.955 x 740 x 1.160 mm

       Jarak sumbu roda: 1.350 mm

       Tinggi jok: 765 mm

       Kapasitas tangki: 7,4 liter

       Berat: 155 kg

       Rem depan: Cakram ABS

       Rem belakang: Cakram ABS

       Suspensi depan: Teleskopik

       Suspensi belakang: Subtank

       Ban depan: 110/70-13

       Ban belakang: 130/70-13

Pada akhirnya, Yamaha NMAX Turbo merupakan pilihan yang tepat bagi para pengendara yang menginginkan motor matic bertenaga, sporty, dan canggih. Dengan harga yang kompetitif, tak heran NMAX Turbo menjadi primadona baru di pasar motor matic Indonesia.

Topik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini