Headquarter Resmi Tesla Telah Dibuka Di Kota Cyberjaya Malaysia

Selasa, 3 Oktober 2023 | 07:22 WIB

News Image tesla headquarter

Resmi menjajaki pasar Malaysia Tesla mendirikan kantor utamanya di negeri jiran tersebut. Tesla Headquarter di Malaysia berada di Cyberjaya, Malaysia. Kantor pusat Tesla ini akan menjadi Service Centre, Experience Centre dan juga kantor pusat.

Hal ini sesuai dengan rencana Tesla melakukan investasi di Malaysia. Tesla akan mengembangkan empat hal utama yaitu menjual mobil listrik, membuka kantor pusat dan layanan yang canggih serta Experience Centre dan menyebarkan jaringan SPKLU supercharege miliki Tesla.

Kantor Tesla yang berada di Cyberjaya ini selesai dibangun dalam waktu dua bulan saja. Kantor utama akan menjadi pusat dari aktivitas Tesla di Malaysia. Kegiatan pemasaran, pelatihan, dan dukungan pelanggan akan berada di kantor pusar ini. Tidak hanya itu Tesla juga membuat layanan diagnostik canggih dengan dukungan gudang suku cadang serta teknisi khusus terlatih dari Tesla.

Tesla Headquarter Malaysia dilengkapi dengan fasiliatas ruang kerja terbuka yang besar, kafetaria staf, ruang pelangggan dan auditorium untuk menampung 250 orang. Tidak hanya itu kantor utama juga dilengkapi dengan delapan Supercharge DC 250kW dan 12 pengisi daya AC 22kW untuk kebutuhan internal perusahaan.

Menteri perdagangan dan industri Malaysia Tengku Datuk Seri Zafrul Abdul Aziz, dikutip dari Antara News (03/10) menerangkan bahwa kehadiran Tesla di Malaysia mendorong pemerintah untuk mempercepat misi rendah emisi. Selain itu dengan hadirnya kantor urtama di Cyberjaya Malaysia akan memberikan dukungan pengembangan penjualan, purnajual serta teknologi baterai  yang diharapkan mmapu membantu meningkatkan kemampuan UKM Malaysia bagi ekosistem Tesla disana.

Pemerintah Malaysia sendiri menargetkan penjualan kendaraan listrik 15 persen menyumbang penjualan dari total penjualan kendaraan di Malaysia tahun 2030. Diharapkan angkanya akan naik menjadi 38 persen pada 2040 dan naik lagi menjadi 80 persen pada 2050.

Tesla sendiri telah membuka penjualan mobil listrik teranyar mereka di Asia yaitu Tesla Y. Pengiriman mobil listrik teranyaar akan diakukan pada akhir 2023. Mobil listrik Tesla sendiri di jual lebih murah di Malaysia dibandingkan di Indonesia. Misalya Tesla model Y di Malaysia dibandrol dengan harga 189 Ringgit atau setara Rp 600 jutaan padahal dengan seri yang sama di indonesia dijual dengan harga miliaran rupiah.