6 Jenis SUV yang Irit BBM, Ada Toyota Rush hingga Daihatsu Terios

Selasa, 7 November 2023 | 16:23 WIB

News Image Toyota Rush

Setiap konsumen pasti ingin memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar. Salah satu kendaraan yang cukup banyak diminati di Indonesia adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Pasalnya, SUV menggunakan kapasitas mesin yang besar sehingga proses pembakaran lebih cepat dan membuat kendaraan boros bahan bakar.

Melihat latar belakang tersebut, produsen otomotif telah mengembangkan SUV yang memiliki performa tinggi namun irit bahan bakar. Penasaran apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Toyota Rush

Toyota Rush cukup populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang sporty dan khusus untuk tujuh penumpang. Rush menggunakan mesin 1.5 liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 hp dan torsi maksimum 134 Nm. Menggunakan bakar bensin, Toyota Rush tergolong SUV yang irit.

Pasalnya, untuk perjalanan normal di jalan raya, Rush membutuhkan konsumsi bahan bakar 15 km/liter. Sementara untuk perjalanan di perkotaan, Toyota Rush mengkonsumsi bahan bakar 12 km/liter. Selain irit, Toyota Rush menawarkan ruang kabin yang luas dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang memuaskan. SUV Toyota ini dibanderol dengan harga Rp 282 jutaan hingga 306 jutaan.

2. Honda BR-V

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan Honda BR-V, pasalnya kendaraan ini cukup sering ditemui di jalanan. BR-V menggunakan mesin 1.5 cc yang menghasilkan tenaga 119 hp dan torsi puncak 145 Nm. Dengan tenaga yang cukup besar ini, SUV Honda ini juga terbilang irit. 

Rush hanya mengkonsumsi bahan bakar untuk perjalanan di jalan raya sekitar 16 km/liter. Lalu hanya menghabiskan 13 km/liter ketika digunakan untuk perjalanan kota. Saat ini, BR-V ada lima tipe di Indonesia yakni S MT, E MT, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige CVT with Honda Sensing yang seluruhnya menggunakan bahan bakar bensin. Lalu harga yang ditawarkan juga beragam yakni antara Rp 288 jutaan sampai 356 jutaan. 

3. Toyota Raize

Layaknya SUV pada umumnya, Toyota Raize memiliki desain yang sporty. Diliha ari segi dapur pacu, Toyota Raize cukup mumpuni sebagai SUV. Pasalnya, kendaraan ini mengandalkan mesin berbahan bensin 1.2 cc yang mampu menghasilkan tenaga 87 hp dan torsi maksimum 113 Nm. Dengan kapasitas cc yang cukup kecil dikelasnya, SUV ii sudah dipastikan irit bahan bakar.

Selama digunakan di jalanan, Toyota Raize mengkonsumsi bahan bakar 17-20 km/liter. Selain irit, Raize juga diklaim memiliki perawatan yang mudah. Saat ini Toyota Raize terbagi menjadi enam tipe dengan harga mulai Rp 235 jutaan hingga 305 jutaan. 

4. Suzuki Vitara

Suzuki Vitara menjadi SUV selanjutnya yang menawarkan kendaraan irit BBM. Sebagai kendaraan segmen SUV, Vitara mengandalkan mesin yang sering digunakan yakni 1.5 cc yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 102 hp dan torsi puncak 137 Nm. 

Dengan tenaga yang besar, Suzuki Vitara juga hemat bahan bakat. Sebab, kendaraan ini hanya menghabiskan bahan bakar 15,4 km/liter di jalan perkotaan dan 19,8 km/liter di jalan yang bebas hambatan. Suzuki Vitara dibanderol mulai dengan harga Rp 359 jutaan hingga 384 jutaan.

5. Daihatsu Terios

SUV milik Daihatsu ini dikenal karena efisiensi bahan bakarnya. Mengandalkan bahan bakar bakar bensin dengan mesin 1.5 cc, performanya pun memanjakan penumpang. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi maksimum 136 Nm. Dengan ukuran cc yang sering diterapkan pada SUV, Terios tergolong hemat bahan bakar.

Daihatsu Terior hanya mengkonsumsi bahan bakar 12-13 km/liter meski melalui jalanan yang sedang macet. Di Indonesia, Toyota menawarkan 10 tipe yang dibanderol mulai dari harga Rp 203 jutaan hongga 292 jutaan.

6. Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi dikenal dengan desainnya yang menarik terlebih pada kendaraan jenis SUV. Tidak tanggung-tanggung, Mitsubishi menerapkan mesin 2.0 liter untuk Outlander sport. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 hp dan torsi puncak 197 Nm. Dengan tenaga yang besar, Outlander Sport hanya butuh konsumsi bahan bakar 10 km/liter untuk perjalanan di kota dan 13 km/liter selama di jalanan raya.

Sayangnya, Mitsubishi Outlander Sport sudah dihentikan produksinya di seluruh Indonesia sejak 2021. Bukan tanpa alasan, Outlander Sport dihentikan karena permintaannya yang semakin menurun. Namun, Anda masih bisa merasakannya dengan membeli yang bekas.

Nah, di atas merupakan SUV yang dikenal memakan bahan bakar yang tidak begitu banya. Seperti yang diketahui, banyak pengendara khawatir membeli SUV lantaran dugaan konsumsi bahan bakarnya yang boros.