Mengenal Toyota BZ4X, Mobil Listrik yang Digunakan di KTT ASEAN 2023

Jumat, 8 September 2023 | 06:34 WIB

News Image Toyota BZ4X

Toyota BZ4X menjadi salah satu kendaraan resmi pemerintah Indonesia selama penghelatan KTT ASEAN yang digelar hingga 7 September 2023. Sekurangnya ada 79 unit Toyota BZ4X yang dikerahkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Toyota BZ4X dipilih sebagai kendaraan listrik yang bebas emisi guna mendukung keselamatan bumi dari ancaman pemanasan global yang semakin meningkat.  

"Selain mendukung kegiatan pemerintah dengan kendaraan bebas emisi, kita juga ikut mendukung upaya pemerintah dalam pengendalian emisi lewat uji program emisi gratis di seluruh dealer Toyota di Jakarta," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy dikutip dari ANTARA pada Jumat, 8 September 2023.

Toyota BZ4X sudah menghiasi aspal Indonesia sejak November 2022. Mobil listrik pabrikan Jepang ini baru dikenalkan saat event GIIAS (Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show) pada Agustus tahun lalu. Lantas apa keunggulan dari Toyota BZ4X hingga menjadi salah satu mobil untuk KTT ASEAN 2023?

Spesifikasi Toyota BZ4X

Sejak diluncurkan pada 10 November 2022, Toyota BZ4X terdiri dari empat warna yakni Two Tone Black Precious Metal, Two Tone Black Precious Silver, Two Tone Black Platinum White Pearl Mica, dan Black.

Pada bagian eksterior, Toyota BZ4X dibekali Roof Spoiler pada bagian atas mobil. Untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, mobil listrik ini disematkan velg 18 inci Alloy-wheel. 

Sementara bagian dapur pacu, Toyota BZ4X ini mengandalkan baterai lithium-ion 355V. Total tenaga yang dihasilkan dari baterai ini mencapai 71,4 kWh yang diklaim mampu menempuh perjalanan sepanjang 50 km untuk sekali pengisian daya. Di sisi lain, mesin yang digunakan adalah AC synchronous generator yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 150 kw dan putaran torsi maksimum mencapai 266,3 Nm.

Demi kenyamanan pengendara dan penumpang, Toyota membenamkan Rack Assist Type Electric Power Steering (EPS). Sementara pada bagian suspensi mengandalkan strut-type coil spring/Wishbone-type coil spring. Untuk jenis rem yang digunakan adalah Ventilated disc.

Mobil ini juga sudah menerapkan platform e-TNGA yakni refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA) yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara. Tidak hanya itu saja, Toyota BZ4X dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Saat ini, Toyota BZ4X dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni Rp 1,19 miliar. Kendati demikian, pengendara sudah bisa menikmati kenyamanan serta fitur-fitur canggih yang ditawarkan Toyota.

Selain Toyota BZ4X, setidaknya ada empat jenis mobil listrik lain yang digunakan selama KTT ASEAN 2023 di antaranya Hyundai iONIQ 5, Hyundai iONIQ 6, BMW i7, dan Wuling AirEv.