Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Servis Berkala Mobil Dengan Tune Up

Jumat, 15 September 2023 | 19:44 WIB

News Image servis berkala penggantian fluida mobil

Kadang-kadang orang sering salah sebut ketika akan membawa mobil ke bengkel. Apakah akan melakukan tune up atau melakukan servis berkala. Agar anda tahu dengan benar apa perbedaan kedua jenis perawatan mobil ini berikut kami jelaskan.

Servis berkala merupakan servis rutin yang dalakukan untuk kendaraan dengan jadwal yang telah ditetapkan. Jadwal ini biasanya dilakukan sesuai dengan buku panduan kendaraan. Umumnya waktunya tidak lama seperti sebulan sekali atau sesuai dengan penggunaan kendaraan itu sendiri.

Tune up mobil sendiri merupakan jenis perawatan mobil yang dilakukan utnuk  menyetel ulang semua komponen mobil. Mobil membutuhkan setting ulang komponennya jika sudah lama digunakan. Pada dasarnya manfaat tune up ataupun servis berkala dilakukan untuk menjaga kinerja mesin mobil menjadi maksimal kembali sehingga mobil bisa memiliki waktu pakai yang lebih lama.

Perbedaan servis berkala dan tune up mesin mobil selain waktu yang dilakukan adalah jenis pemeriksaan yang dilakukan. Perhatikan bagian apa saja yang harus anda periksa saat akan melakukan servis mobil ataupun tune up.

Saat melakukan servis berkala silahkan periksa bagian-bagian ini yaitu : bagian sistem aki apakah berjalan dengan baik, memeriksa sistem kemudi berjalan dengan normal atau tidak, memeriksa baut sidseluruh roda, bagian idle mesin, tekanan angin roda, membersihkan bagian filter udara serta memeriksa oli apakah ada rembesan atau tidak atau perlu diganti atau tidak.

Sata melakukan tune up mesin sebaiknya periksalah bagian bagian ini yaitu: aki, pastikan bahwa aki tersebut perlu di charge atau tidak. Filter udara, throttle body dan karburator, celah pada bagian busi, celah pada bagian katup, penggantian fluida seperti oli transmisi, minyak rem, oli power steering, oli garden dan oli mesin.

Proses tune up juga harus ditindak lanjuti dengan mengganti komponen yang sudah tidak layak, sehingga mobil dapat kembali maksimal. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kisaran biaya yang dibutuhkan.

Pada umumnya biaya servis mobil dengan tune up tentu berbeda. Biasanya biaya untuk servis mobil disesuaikan dengan kilometer yang telah dipakai mobil. Sedangkan tune up bisa saja lebih besar karena harus mengganti bagian bagian yang memang sudah tidak layak. Setelah mengetahui kisaran biayanya anda dapat memutuskan apakah akan melakukan tune up atau servis berkala.