Rocky dan Raize Dipastikan Jauh dari Skandal Daihatsu

Senin, 19 Februari 2024 | 10:34 WIB

News Image Rocky dan Raize

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) Jepang mengumumkan beberapa mobil buatan Daihatsu aman dari skandal uji keselamatan. Beberapa di antaranya adalah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang dinyatakan aman.

"Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT) mengumumkan bahwa mereka telah mencabut instruksinya untuk menangguhkan pengiriman tiga model, karena kendaraan tersebut telah dipastikan mematuhi standar Undang-Undang Kendaraan Angkutan Jalan," tulis Daihatsu dalam siaran persnya dikutip Minggu (18/2/2024).

Adapun mobil-mobil yang dimaksud adalah Daihatsu Rocky bensin, Toyota Raize bensin, dan Subaru REX. Ketiga mobil itu dilanjutkan produksi dan pengirimannya.

"Kami akan bekerja sama dengan pemasok dan perusahaan penjualan kami dan, segera setelah persiapan siap, kami bermaksud untuk melanjutkan produksi dan pengiriman," ujar Daihatsu.

Pemerintah Jepang juga memastikan model-model yang sudah tidak diproduksi telah mematuhi standar Undang-Undang Kendaraan Angkutan Jalan. Mobil yang sudah di-discontinue dan dipastikan mematuhi aturan itu antara lain Daihatsu Hijet Cargo, Toyota Pixis Van, dan Subaru Sambar Van.

"Kami akan terus mengambil tindakan yang diperlukan seperti yang diinstruksikan oleh MLIT, seperti melakukan pengujian dengan otoritas sertifikasi yang hadir. Dan kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan model-model ini menjangkau pelanggan kami sesegera mungkin, sambil menegaskan kembali komitmen kami untuk memprioritaskan keselamatan dan kualitas," kata Daihatsu.

"Daihatsu Motor Co., Ltd. sekali lagi menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran besar yang disebabkan oleh penyimpangan prosedur dalam permohonan sertifikasi kepada banyak pemangku kepentingan."

Pada Desember 2023, Daihatsu sempat menghentikan sementara produksi dan pengiriman beberapa mobil. Penyimpangan prosedur ini juga berdampak pada mobil-mobil Toyota, Mazda, dan Subaru. Setidaknya ada 64 model yang diproduksi Daihatsu terdampak dari penyimpangan prosedur uji keselamatan tersebut. Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Subaru REX menjadi tiga di antaranya yang kini sudah dipastikan aman dari penyimpangan prosedur.