komparase.com

Pendapatan Tahunan Apple Mencapai Rekor Baru di AS dan India Lewat Penjualan iPhone

Senin, 5 Februari 2024 | 09:00 WIB
Apple iPhone 15
Apple iPhone 15

Samsung dan Apple selalu bersaing. Selama bertahun-tahun, Samsung menjadi penjual ponsel teratas, terutama karena sejarah panjang mereka di pasar ponsel pintar dan kemampuan memproduksi ponsel dalam berbagai seri untuk setiap anggaran.

Apple di sisi lain, terus menggunakan bahan berkualitas tinggi dan tidak menahan diri dalam menawarkan teknologi prosesor terbaru yang mereka miliki bahkan dalam seri anggaran “iPhone SE” dan pemilik ponsel pintar senang karenanya.

Bahkan, kenaikan Apple tidak terputus meskipun penjualan telepon tahunan global sebenarnya turun sebesar 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk pertama kalinya, Apple menduduki puncak peringkat smartphone dengan penjualan tertinggi dalam setahun, lansir Gizmochina.

Direktur penelitian Counterpoint Jeff Fieldhack mencatat, “Apple menggeser Samsung sebagai pemain terbesar dalam pengiriman untuk pertama kalinya dalam setahun penuh. Meskipun AS memberikan kontribusi volume terbesar terhadap pertumbuhan Apple, AS juga menerima dorongan besar melalui pertumbuhan dua digit di pasar negara berkembang termasuk India, Karibia, dan Amerika Latin (CALA) serta Timur Tengah dan Afrika (MEA)."

Menurut dia, pertumbuhan ini mengimbangi segala tantangan yang mungkin dihadapi Apple di Tiongkok akibat kebangkitan Huawei.

"Dengan pertumbuhan ASP sebesar 2%, perusahaan ini terlihat berada dalam siklus pendapatan super, didukung oleh keteguhan ekosistemnya ditambah dengan tren premiumisasi, sehingga melampaui pendapatan tahunan sebesar $200 miliar," ujar dia.

Pangsa pasar Apple yang kuat dalam penjualan ponsel, sebagian besar berasal dari Amerika Serikat dan India. Namun, posisi Apple di Tiongkok masih tidak dalam kondisi yang baik. Dengan kembalinya Huawei secara besar-besaran di Tiongkok, Apple sepertinya akan dikalahkan oleh OEM Tiongkok lainnya.

Alasan di balik lonjakan Apple mungkin adalah meningkatnya keinginan pengguna untuk mendapatkan perangkat yang lebih premium dari waktu ke waktu. Sebenarnya statistik mengonfirmasi hal ini.

Terdapat penurunan dalam pengiriman dan tingkat penjualan perangkat kelas bawah Samsung. Pendapatan tahunan Apple mencapai $203 miliar pada 2023, mencetak rekor baru.

Lihat Juga Gadget Apple

Topik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini