komparase.com

Volkswagen Berencana Sematkan ChatGPT di Setiap Mobilnya

Selasa, 30 Januari 2024 | 16:00 WIB
Volkswagen
Volkswagen

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang bisa menangkap percakapan manusia. Fitur ini memungkinkan manusia bertanya kepada AI, dan secara otomatis akan segera memperoleh jawaban.

Ternyata teknologi ini berkembang luas dan bakal dimanfaatkan dalam dunia otomotif. Volkswagen melihat fitur asisten perintah suara mobilnya akan semakin sempurna dengan didukung teknologi ChatGPT.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dua arah dengan sistem mobilnya. Berkat ChatGPT, fitur perintah suara dapat menangkap pembicaraan seperti "Saya merasa kedinginan" dan sistem akan langsung menaikkan suhu AC. Kemudian, saat mengatakan "Saya ingin ayam mentega", maka sistem akan langsung menunjukkan lokasi restoran terdekat.

Anggota dewan pengembangan teknis Volkswagen, Kai Gruenitz, mengatakan dengan sistem baru ini pengemudi juga bisa menyesuaikan fungsionalitas kendaraannya tanpa perlu menyentuh tombol.

"Pelanggan kami tidak ingin mengatur tempat duduk mereka secara manual, mereka ingin menggunakan sistem dialog ucapan," ujar Gruenitz dikutip dari Reuters.

Penggunaan teknologi ChatGPT ini juga menjadi jawaban atas argumen kecerdasan buatan generatif di sektor kendaraan masih tertinggal dengan lompatan AI yang semakin canggih saat ini, terutama untuk kendaraan yang sepenuhnya otonom.

"Jika kamu memiliki Apple CarPlay atau Android Auto, Anda tidak dapat menyesuaikan fungsi di dalam kendaraan. Saya pikir apa yang sebenarnya dicari pelanggan kami adalah penggunaan mobil mereka yang mulus dan intuitif," ujar Gruenitz.

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini