Inilah Alasan Mengapa Mobil Listrik China Lebih Murah Dibandingkan dengan Negara lain

Selasa, 26 September 2023 | 15:47 WIB

News Image mobil listrik murah china

Barang produk China selalu memberikan harga yang lebih murah, tak terkecuali untuk mobil listrik. Mengapa mobil listrik buatan China juga ikut murah?

Umumnya harga mobil listrik dari China bisa seperlima lebih murah dibandingkan dengan mobil beuatan dari Eropa. Mengpa hal demikian dapat terjadi? Dilansir dari laman antara news otomotif, menyebutkan bahwa hal ini dipengaruhi oleh kebijakan insentif dan subsidi promosi industri yang sudah berlangsung satu dekade di China. Sehingga membuat negara itu mampu menjadi pasar kendaraan listrik terbesar, mengendalikan rantai pasokan global termasuk bahan baku.

Kebijakan insentif dan subsidi promosi industri ini membuat China menjadi industri utama untuk pembuatan baterai EV yang terbesar di dunia. Bahkan harga dan rantai pasokan China yang melimpah dan murah membuat banyak perusahaan asing juga memproduksi mobil listriknya disana. Hal ini seperti dilakukan oleh Tesla yang memiliki pabrik raksasa di Sanghai. Dari 700 ribu mobil Tesla yang keluar tahun 2022, semua di buat dipabrikan China.

Pemerintah China telah mengambil langkah awal untuk melakukan investasi teknologi ini sejak tahun 2001. Teknologi kendaraan listrik masuk dalam proyek penelitian sains dalam rancangan strategis lima tahun China. Rancangan tersebut merupakan strategi mendetail mengenai rencana Blue Print ekonomi China tingkat ertinggi.

Tahun 2007 industri kendaraan listrik di China semakin mantab berkat adanya Wan Gang yang menjabat menteri ilmu pengetahuan dan teknologi China. Wan gang adalah seorang insiyur otomotif yang bekerja dengan Audi di Jerman selama satu dekade. Wan Gang adalah seorang penggemar kendaraan listrik. Bahkan dia adalah penguji model kendaraan listrik Tesla yang pertama yaitu Roadster. Beliau kini dipuji karena mengambil keputusan nasional yang strategis guna menerapkan kendaraan listrik sepenuhnya.

Setelah itu fokus perencaan perekonomian pemerintah China memasukkan kendaraan listrik secara konsisten dalam rencana jangka panjang mereka. Bahkan daerah pegunungan dan wilayah pedesaan di China juga membangun banyak stasiun pengisian daya untuk mempercepat proses transformasi ini. Selain itu untuk menepis kehawatiran jika moda kendaraan listrik hanya efektif digunakan di area perkotaan karena minimnya tiang pengisian daya dipedesaan. Contohnya ada di provinsi Guizhou yang memiliki lanskpa pedesaan dan pegunungan.

Melihat sepak terjang pemerintah China menerapkan strategi kebijakan menggunakan teknologi kendaraan listrik ini sejak awal tentu wajar jika China menjadi negara pemasok dan negara arus utama dalam industri kendaraan listrik ini. Sehingga dapat memberikan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan pabrikan dari negara lain.