Wuling Star Resmi Meluncur dengan Transmisi Hybrid, Harga Tidak Sampai Rp 200 Juta

Senin, 25 September 2023 | 14:56 WIB

News Image Wuling Star

Perusahaan gabungan SAIC-GM-Wuling resmi meluncurkan SUV kompaknya bernama All New Star. Di negara asalnya, China mobil tersebut dinamakan dengan Asta atau Xingchen. Dengan adanya All New Star, Wuling memperluas pasar untuk mobil dengan konsep elektrifikasi.

Kali ini, Wuling tidak meluncurkan kendaraan yang seutuhnya pakai tenaga listrik seperti Air EV melainkan segmen hybrid. All New Star menggunakan teknologi Fuel New System generasi terbaru yang membuat desain interior dan eksteriornya semakin estetik.

Terkait desain, Wuling Star memiliki dimensi yang luas. Panjang kendaraan ini adalah 4.610 mm dengan lebar 1.180 mm dan tinggi 1.670 mm. Kendaraan ini juga memiliki jarak sumbu roda 2.700 mm yang memberikan ruang menjadi lebih lapang serta kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Hal menarik juga ditunjukkan Wuling Star pada bagian lampu. Pasalnya, lampu tersebut memberikan sensasi seperti pertunjukan cahaya bak hujan meteor. Kemudian setiap bagian interiornya juga dilengkapi dengan lampu LED.

Wuling mendesain bangku belakang menjadi sedikit lebih tinggi sehingga penumpang bisa melihat ke depan lebih leluasa. Pada bagian jok belakang juga bisa dilipat sehingga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Kemudian kendaraan ini juga dilengkapi dengan sunroof panoramik yang besar.

Pengendara juga akan dimanjakan dengan adanya layar besar di konsol tengah, setir yang multifungsi, serta kursi bermaterial premium yang nyaman. Pada bagian dashboard, Wuling memasang meter cluster digital TFT hingga head unit layar sentuh. Untuk memudahkan dalam berkendara, sistem pada head unit sudah bisa dikoneksikan dengan smartphone.

Di sisi lain, Wuling sudah menyematkan sistem keamanan ADAS (Advanced Driver Assistance System) dan Voice Command. Wajar saja jika Wuling Star cocok digunakan untuk perjalanan keluarga antar kota. 

Beralih pada bagian dapur pacu, Wuling mengandalkan 2,0L atkinson cycle plus yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 130 kW dan torsi maksimum 320 Nm. Dengan tenaga mesin ini, Wuling Star mampu berakselerasi 0-60 km/jam dalam waktu 3,2 detik. 

Sementara transmisi hybrid khusus elektromagnetik (DHT) Wuling Star menawarkan perpindahan gigi yang presisi. Dengan demikian, mesin mampu menekan bahan bakar 5,5 liter/100 km atau 18,18 km/liter dalam metode WLTC.

SAIC-GM-Wuling menawarkan harga All New Star senilai RM 89,000 (Rp 189 juta) hingga RM 105,800 (Rp 222,87 juta). Di Indonesia, produk Wuling untuk segmen SUV dengan transmisi Hybrid adalah Almaz yang dibanderol Rp 147 juta untuk on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya.