komparase.com

Cegah Aksi Penipuan, Kardus iPhone 15 Dipasang Sistem Keamanan yang Bisa Dilihat Dibawah Sinar UV

Senin, 25 September 2023 | 21:10 WIB
Box iPhone 15
Box iPhone 15

Produk Apple khususnya iPhone sering dimanfaatkan oknum untuk tindakan penipuan. Untuk mengatasi hal ini, Apple menerapkan teknologi keamanan pada kardus kemasan iPhone 15 yang meluncur pada 13 September lalu.

Teknologi keamanan yang dimaksud berbasis sinar UV (Ultraviolet) untuk membuktikan keaslian produk. Hal ini terungkap dalam unggahan Weibo yang dibagikan kembali oleh pengguna media sosial bernama Majin Bu di platform X.

"Kotak iPhone baru dilengkapi dengan sistem keamanan yang menampilkan hologram di bawah sinar UV. Ini adalah tindakan yang dikenalkan Apple untuk mengenali kotak asli dan mencegah tindakan penipuan," tulis Majin Bu dikutip dari akun X, @MajinBuOfficial pada Senin, 25 September 2023.

Dalam video yang dibagikan, bisa dilihat bahwa kotak kardus iPhone 15 dilengkapi dengan beberapa label dan QR Code yang akan muncul ketika berada di bawah sinar UV. Dengan adanya hologram ini, pelanggan bisa mengetahui apakah bungkus produk masih tersegel atau tidak.

Berdasarkan laporan 9to5Mac, tindakan yang dilakukan Apple ini terkesan biasa namun dinilai efektif untuk mencegah penipuan. Misalnya saja, beberapa oknum penjual mengemas ulang perangkat bekas dan menjadikannya terlihat baru kembali. Kemudian oknum tersebut menggunakan kotak palsu yang merupakan replika dari kardus produk Apple.

Wajar saja pihak Apple menyembunyikan informasi ini kepada publik untuk menghindari oknum penipuan memudahkan melakukan aksinya dengan hologram tersebut. 

Untuk terhindar dari aksi penipuan ketika membeli produk Apple, maka perhatikan kotak pembungkus dari produk secara detail. Pasalnya, setiap kotak termasuk iPhone memiliki seri yang berbeda. Cek nomor seri tersebut melalui situs Apple untuk mengkonfirmasi apakah produk asli atau tidak.

Setelah membeli perangkat, untuk membuktikan keaslinnya maka bisa meminta penjual untuk memverifikasi nomor seri dan IME melalui Pengaturan pada ponsel. Lalu pastikan antara nomor seri tersebut cocok atau tidak dengan nomor pada kardus perangkat.

Antusiasme Apple Fanboy (penggemar produk Apple) sangat tinggi setelah seri iPhone 15 resmi dijual di berbagai negara pada Minggu, 24 September 2023. Mengingat banyaknya minat, produk Apple termasuk iPhone 15 rawan dimanipulasi. Untuk menghindari aksi oknum tidak bertanggung jawab tersebut, hati-hati ketika membeli dan pastikan untuk mendapatkannya di toko resmi Apple seperti iBox.

Lihat Juga Gadget 15

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini