5 Mobil Listrik Ini Dikenalkan Selama GIIAS Surabaya

Kamis, 21 September 2023 | 02:23 WIB

News Image Seres E1 Jadi Salah Satu Mobil Listrik di GIIAS

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi digelar pada 20 September 2023 di Surabaya, Jawa Timur. Setidaknya ada 23 merek kendaraan ikut andil dalam pameran bergengsi ini seperti Volkswagen, Wuling, Suzuki, Toyota, Honda, dan masih banyak lagi.

Selama acara berlangsung, mobil listrik menjadi salah satu kendaraan yang banyak disorot. Seperti halnya dengan Honda yang membawa visi elektrifikasi untuk event GIIAS kali ini. Lantas mobil listrik apa saja yang dipamerkan di GIIAS Surabaya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Kia EV6 GT

PT Kreta Indo Artha (KIA) memboyong mobil listriknya, Kia EV6 GT di event GIIAS Surabaya. Memiliki berbagai fitur canggih, Kia dibanderol dengan harga 1,7 miliar (OTR Surabaya dan sekitarnya). Menariknya, Kia memberikan penawaran garansi baterai selama delapan tahun atau 160 ribu kilometer dan garansi mobil selama lima tahun atau 150 ribu kilometer.

Kia EV6 GT mengandalkan baterai berkapasitas 77,4 kWh yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 585 PS dan torsi maksimum 740 Nm. Baterai ini mampu melaju dengan jarak tempuh 1-100 km dalam waktu 3,5 detik.

2. Honda e

Honda bukan hanya memboyong mobil hybrid terbarunya, All New CR-V e:HEV melainkan juga mobil listrik Honda e. Mobil listrik asal Jepang ini telah dikenalkan ke pecinta otomotif Indonesia pada GIIAS yang digelar pada Agustus lalu. 

Honda menyematkan baterai dengan kapasitas 35,5 kWh yang bisa menempuh jarak sejauh 220 km. Baterai ini didukung dengan fast charging yang mampu mengisi daya 0-80 persen dalam waktu 30-36 menit. 

Honda e saat ini belum dipasarkan di Indonesia. Namun, mobil listrik milik Honda ini sudah dijual di Jepang sejak lima tahun yang lalu. 

3. Seres E1

PT Sokonindo Automobile resmi memasarkan mobil listrik Seres E1 di GIIAS Surabaya. Seres E1 dibanderol dengan harga terjangkau yakni Rp 199 juta (OTR Surabaya dan sekitarnya. Mobil ini pertama kali dikenalkan di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) pada Mei 2023.

Seres E1 menggunakan baterai berkapasitas 13,8 kWh yang bisa melaju dengan jarak tempuh 180 km. Dengan baterai ini, bisa menghasilkan tenaga sebesar 25 kW dan torsi maksimum 100 Nm. Untuk pengisian daya, Seres E1 mampu mengisi 0-90 persen dalam waktu 3,5 jam melalui Soket AC Type 2.

4. Wuling Air EV 

Wuling Motors bukan hanya memboyong Wuling Air EV Lite dan Almaz RS melainkan juga Wuling Air EV untuk Standard Range dan Long Range. Wuling Air EV sudah dilirik banyak konsumen Tanah Air lantaran digunakan sebagai kendaraan di KTT ASEAN 2023 beberapa waktu lalu.

Wuling Air EV mengandalkan baterai Lithium Ferro-Phosphate yang berkapasitas 17,3 kWh untuk Standard Range dan 26,7 kWh untuk Long Range. Mobil listrik asal China ini dibanderol dengan harga Rp 238 juta (tipe Standard Range) dan Rp 295 juta (tipe Long Range). 

5. Mini Cooper EV

Mini Indonesia juga memboyong salah satu mobil andalannya dalam versi listrik (EV) yakni Mini Cooper. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 1,19 miliar. Mobil ini sudah resmi meluncur sejak pertengahan tahun lalu.

Mini Cooper EV atau dikenal dengan Mini Electric mengandalkan baterai berkapasitas 32,6 kWh yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 hp dan torsi 240 Nm. Mesin ini mampu melaju dengan jarak tempuh 234 km.

Ada mobil listrik lain yang sudah mengaspal di Indonesia sepert Ioniq 5, Wuling Air EV Lite dan masih banyak lagi. Sementara itu, GIIAS Surabaya digelar selama empat hari yakni 20-24 September 2023.