Begini Cara Merawat AC Mobil Listrik dan Hybrid

Minggu, 17 Desember 2023 | 09:10 WIB

News Image AC Mobil Listrik

Pendingin udara dalam kabin atau air conditioner (AC) mobil, memerlukan perawatan rutin guna menjaga performanya. 

Untuk mobil listrik, AC memerlukan perawatan khusus karena perbedaan prinsip kerjanya dengan mobil konvensional. 

Termasuk mobil-mobil hybrid yang punya sistem AC yang berbeda. Tidak lagi menggantungkan sistem pada putaran mesin, kompresornya sudah elektrik mengandalkan baterai. 

Secara umum, perawatan AC mobil listrik lebih sederhana daripada mobil konvensional. Lantas, apa saja perawatannya? 

Perawatan AC mobil listrik atau hybrid lebih sederhana, namun butuh memperhatikan hal-hal penting di dalamnya. 

Seperti filter kabin yang harus dibersihkan rutin atau diganti secara berkala agar sirkulasi udara dalam kabin tetap baik.

Selain itu tekanan freon pada AC mobil listrik perlu diperiksa secara berkala untuk menghindari kerusakan komponen lebih cepat. 

Tak hanya itu, beberapa komponen AC juga perlu diperiksa kondisinya secara rutin atau dibersihkan, seperti evaporator, kondensor, penggantian oli kompresor, pemeriksaan katup ekspansi, dan sensor-sensor lainnya. 

AC mobil listrik memerlukan oli kompresor dan freon berbeda dengan mobil konvensional. Keduanya tidak bisa dicampur atau asal mengisi dengan jenis freon dan oli kompresor pada mobil konvensional. 

Selama AC digunakan dengan baik, dijaga kebersihan kabin, komponennya dirawat dengan rutin dan benar, tentu akan awet. Jadi meski harga part-nya mahal konsumen mobil hybrid atau listrik tidak perlu khawatir.