komparase.com

Jangan Sembarangan, Begini Cara Benar Merawat Mobil Listrik

Kamis, 14 Desember 2023 | 13:00 WIB
Tips Merawat Mobil Listrik
Tips Merawat Mobil Listrik

Mobil listrik saat ini mulai banyak mendapatkan perhatian. Namun hingga saat ini beberapa dari pengguna mobil listrik masih banyak yang khawatir soal bagaimana merawat kendaraan listrik.

Mobil listrik memadukan teknologi canggih dengan visi untuk mengurangi jejak karbon dalam industri transportasi. Mereka didorong oleh motor listrik yang efisien dan menggunakan baterai sebagai sumber energi utama.

Keunggulan utamanya terletak pada nol emisi gas buang, mengurangi polusi udara dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Selama beberapa tahun terakhir, industri mobil listrik telah menyaksikan lompatan besar dalam hal teknologi baterai.

Ini memungkinkan jangkauan yang lebih besar untuk mobil listrik, mengurangi kekhawatiran tentang keterbatasan jarak perjalanan. Inovasi semacam ini terus mengubah paradigma mengenai kendaraan listrik dari sekadar opsi lokal menjadi pilihan global yang serius.

Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk merawat mobil listrik Anda.

1. Rutin Cek Radiator

Meski sudah tidak memiliki mesin, kendaraan listrik juga memiliki radiator. Fungsinya adalah untuk mendinginkan kerja baterai dan motor listrik.

Dengan begitu, coolant (air radiator) yang ada di dalamnya juga perlu diganti. Tapi untuk hal ini pemilik tak perlu sering-sering melakukannya, cukup dilakukan setiap 60.000 km.

2. Perhatikan Oli Gardan

Walaupun kendaraan listrik tidak menggunakan oli mesin, bukan berarti tidak ada pelumas yang digunakan sama sekali. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi oli gardan.

Gardan sendiri fungsinya sebagai penyalur tenaga dari motor listrik ke roda penggerak yang ada di belakang. Untuk periode penggantiannya disarankan setiap 20.000 KM atau 12 bulan pemakaian.

3. Mengganti Filter AC

Perawatan filter AC mobil listrik juga diklaim sangat penting. Karena komponen tersebut berhubungan dengan kenyamanan dan kesehatan pengendara.

Penggantian filter AC atau Air Conditioning tersebut disarankan rutin dilakukan guna menjaga sirkulasi udara di dalam kabin.

4. Pahami Buku Panduan

Meski terkesan sepele, pemilik mobil harus membaca buku manual mobil listrik. Dalam panduannya terdapat seluruh informasi teknis yang terkait dengan kendaraan listrik.

Bisa dibilang kendaraan listrik adalah barang baru buat mayoritas konsumen Indonesia. Mungkin saja ada aspek-aspek penting yang belum diketahui, dan semua informasi tersebut ada di buku manual.

5. Servis di Bengkel Resmi

Apabila pemilik agak kesulitan untuk mengecek semua kondisi komponen tersebut, maka bisa serahkan kepada ahlinya. Caranya, datang ke bengkel resmi dan melakukan servis berkala setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali (tergantung mana yang lebih dahulu dicapai).

Lihat Juga Gadget Mobil

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini