Mitsubishi Akan Hadirkan XFORCE Versi Hybrid, Diproduksi di Indonesia?

Selasa, 5 Desember 2023 | 05:57 WIB

News Image Mitsubishi XForce

Mitsubishi XFORCE mendapatkan sambutan yang meriah dari masyarakat Indonesia. Pasalnya, SUV kompak ini sudah dipesan hingga 4.000 unit per Oktober dan baru didistribusikan ke dealer pada 16 November 2023 lalu.

Melihat respon positif, perusahaan otomotif asal Jepang juga berencana ingin mengenalkan XFORCE versi hybrid. Seperti yang diketahui, Mitsubishi Indonesia saat ini hanya memiliki Outlander untuk varian hybrid sementara untuk Xpander hybrid hanya untuk pasar Thailand yang diluncurkan awal tahun depan.

Alasan Mitsubishi Xpander hybrid diluncurkan di Thailand lantaran ada insentif pemerintah setempat yang lebih menguntungkan. Kendati demikian, Mitsubishi kemungkinan akan merakit XFORCE di Tanah Air.

“Di Indonesia sejujurnya kami akan melihat dulu kondisi pasar. Kompetitor kami sudah memperkenalkan hybrid di segmen XForce dan kami berupaya mempelajarinya,” ujar Atsushi dikutip dari keterangan resmi dilansir dari TrenOto pada Selasa, 5 Desember 2023.

Di sisi lain, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida berkata sebaliknya. Meski Mitsubishi XFORCE kemungkinan akan terwujud, Tetsuhiro tidak bisa memastikan SUV kompak ini bakal diluncurkan di Indonesia.

“Untuk XForce Hybrid saya belum tahu akan diluncurkan pertama di mana. Tapi Xpander Hybrid pabriknya memang di Thailand,” tutur Tetsuhiro Tsuchida.

Apabila Mitsubishi XFORCE Hybrid benar diproduksi di Indonesia, kemungkinan mobil model SUV kompak ini dipasarkan ke negeri tetangga seperti Malaysia hingga Thailand.

Sementara Mitsubishi berencana memenuhi pasar domestik untuk penjualan XFORCE sebanyak 20 ribu unit pada 2024. Setelah diserahkan ke dealer, XFORCE bukan hanya dipasarkan di Indonesia melainkan juga di 40 negara di dunia.

Mitsubishi optimis bahwa XFORCE mampu menjangkau penjualan hingga 10 ribu unit hingga akhir tahun 2023. Berdasarkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), penjualan setiap bulannya mencapai 4.000 unit dan prospek pelanggan sekitar 16 ribu unit hingga akhir 2023.