komparase.com

Mitsubishi Minicab MiEV Meluncur Pada 2024, Jadi Mobil Listrik Jepang Pertama yang Diproduksi di Indonesia

Selasa, 19 September 2023 | 21:30 WIB
Mitsubishi Minicab MiEV
Mitsubishi Minicab MiEV

PT Mitsubishi Motor Krama Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan segera meluncurkan mobil listrik Minicab MiEV di Indonesia. Mobil listrik ini pertama kali dikenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. 

Mitsubishi Minicab MiEV sebagai model mobil listrik (BEV) niaga ringan. Minicab MiEV menjadi mobil listrik buatan Jepang pertama yang diproduksi langsung di Indonesia.

"Untuk memenuhi permintaan EV yang terus meningkat di kawasan ASEAN, kami memutuskan untuk memproduksi kendaraan ini secara lokal di luar Jepang untuk pertama kalinya," ujar Presiden dan CEO Mitsubishi Motors, Takao Kato dilansir dari Mitsubishi Motors Indonesia pada Selasa, 19 September 2023.

Mitsubishi mulai produksi di Indonesia pada Desember 2022 dan mulai mengaspal pada 2024. Minicab MiEV kabarnya bakal diproduksi di daerah Karawang, Jawa Barat. Untuk masuk target konsumen Tanah Air, MMKSI dilaporkan sudah beragam penelitian di sejumlah perusahaan seperti Pos Indonesia, DHL, hingga Haleyora Power.

Spesifikasi Mitsubishi Minicab MiEV

Dilihat dari segi desain, Minicab MiEV memiliki gaya seperti negara asalnya, Jepang. Dimensi mobil listrik Mitsubishi ini memiliki ukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.915 mm. Meski ukurannya mini, mobil ini mampu menampung 4 penumpang atau barang dengan berat mencapai 350 kg.

Berbeda dengan Minicab berbahan bensin yang menggunakan 660 cc, versi mobil listrik ini menggunakan baterai berkapasitas 16 kWh. Mesin akan menghasilkan tenaga sebesar 41 hp di perputaran 2.500 hingga 6.000 rpm dan torsi maksimum 196 Nm pada perputaran 0-300 rpm.

Untuk pengisian daya, dapat dilakukan pengecasan melalui colokan biasa AC 100 atau 200 volt. Selain itu juga bisa melakukan pengisian daya melalui jaringan pengecasan Soket CHAdeMO. Apabila baterai diisi dengan daya penuh, Mitsubishi Minicab MiEV mampu melaju hingga 150 km.

MMKSI belum berikan bocoran terkait harga yang bakal ditawarkan ke pasaran Tanah Air. Namun, jika mengacu pada harga di Jepang, Minicab MiEV dibanderol dengan harga 2,431 juta Yen (Rp 301 juta) hingga 2,453 juta Yen (Rp 304 juta).

Lihat Juga Mobil Listrik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini