Rencana Fokus Mobil Elektrifikasi Tahun Depan, Mazda Bakal Luncurkan 6 Kendaraan

Kamis, 30 November 2023 | 06:21 WIB

News Image Mazda2 Hatchback

PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) selaku agen merek Mazda di Indonesia berencana akan fokus membawakan mobil elektrifikasi di Tanah Air. Hal ini diungkapkan pihak EMI ketika menggelar acara Mazda Power Drive belum lama ini.

Untuk mempersiapkan kendaraan elektifikasi, Mazda Indonesia membutuhkan rencana dari dalam maupun luar, di antaranya baterai hingga pembuangan limbah.

“Kita memastikan kesiapan, dari dalam diler kami harus dipersiapkan, punya tempat pembuangan baterai, karena ini sangat berbeda dengan pembuangan limbah oli misal,” ujar Managing Director PT EMI, Ricky Thio dilansir Komparase pada Kamis, 30 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Ricky mengatakan Mazda sedang mempersiapkan peluncuran mobil listrik untuk tahun depan. Mobil tersebut di antaranya model Large Premium SUV (PHEV), Medium SUV (BEV) dan Large Premium (MHEV).

“Pada 2024, akan ada pembaruan untuk mobil Roadster. Setelah itu akan ada Compact SUV & Medium SUV, untuk jelasnya lihat nanti,” lanjut Ricky.

Bukan hanya mobil listrik, kendaraan yang bakal diluncurkan pada 2024 juga termasuk mesin berbahan bakar bensin. Setidaknya ada 6 jenis model yang bakal diluncurkan tahun depan.

Lebih lanjut, peluncuran kendaraan milik Mazda tersebut terjadi dalam dua periode. Untuk periode pertama yakni Januari hingga Juni 2024 hanya fokus mengeluarkan kendaraan konvensional. Sementara untuk Juli hingga Desember 2024, Mazda rencananya mengeluarkan kendaraan elektrifikasi.

Guna mendukung ekosistem mobil listrik di Tanah Air, Mazda bukan hanya fokus pada produk kendaraan saja. Perusahaan otomotif ini juga akan mendirikan 6 dealer baru pada tahun depan. Sementara itu, Mazda saat ini sudah memiliki 26 cabang dealer baru termasuk di Bogor dan BSD City.

Di tengah rencana Mazda membawa enam kendaraannya, pabrikan asal Jepang ini hadirkan kejutan di penghujung tahun 2023. Pasalnya, Mazda meluncurkan dua kendaraannya yakni New Mazda2 Hatchback dan New CX-5.