Potensi Indonesia Memiliki Merek Mobil Listrik Sendiri yang Bisa Bersaing Secara Global

Rabu, 29 November 2023 | 04:27 WIB

News Image Mobil Listrik di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara untuk pemasaran mobil listrik dari berbagai produsen otomotif dunia. Bahkan beberapa produsen bergabung untuk memasarkan kendaraan listrik mereka seperti Neta hingga BYD.

Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan negara ini memiliki potensi yang besar untuk memiliki kendaraan listrik sendiri. Sebab, Indonesia memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah khususnya di segmen elektrik.

“Membangun industri kendaraan di dalam negeri, terutama fokus pada mobil listrik baik sepeda motor maupun mobil, tampaknya memungkinkan untuk dilaksanakan di Indonesia. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti nikel, kobalt, dan litium, yang merupakan bahan utama untuk baterai kendaraan listrik,” ujar Yannes Martinus Pasaribu dilansir dari ANTARA pada Selasa, 29 November 2023.

Yannes menyebutkan bukan hanya memiliki SDA yang melimpah, Indonesia juga menjadi negara yang memiliki ekosistem industri otomotif yang kuat di kawasan ASEAN. Oleh sebab itu, Yannes berharap pemerintah mendorong anak bangsa untuk menciptakan kendaraan listrik yang bisa bersaing dengan produk dari luar negeri.

“Adanya program-program riset hilirisasi otomotif yang masif terkait otomotif di universitas-universitas di Indonesia, seperti desain, teknik otomotif, dan manufaktur, turut menyiapkan SDM di bidang ini,” lanjut Yannes.

Sebagai langkah awal untuk menciptakan merek mobil listrik sendiri, Pemerintah perlu mempersiapkan anak bangsa bersaing dengan negara maju. Dengan demikian, ketergantungan negara pemasok kendaraan yang banyak di Tanah Air bisa berkurang. Oleh sebab itu, pemerintah diharapkan untuk membangun peta jalan untuk membangun ekosistem industri otomotif lokal.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengungkapkan bahwa Indonesia bakal memiliki merek mobil listrik sendiri pada 2025.

“Pada 2025 atau 2026, Indonesia sudah memiliki mobil listrik sendiri yang dibuat oleh anak bangsa," ujar Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Guna mewujudkan untuk menciptakan mobil listrik sendiri, Indonesia mulai membangun komponen utama dari kendaraan listrik yakni baterai. Rencananya baterai tersebut mulai diproduksi pada 2024.