Debut di Thailand, Toyota Hilux Champ Dibanderol Seharga Rp 200 Jutaan

Selasa, 28 November 2023 | 07:05 WIB

News Image Toyota Hilux Champ

Toyota menggunakan nama Hilux Champ untuk Rangga versi Thailand akhirnya debut. Kendaraan ini mempertahankan gaya serta karakter dari konsep IMV 0 dan menawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. 

Melansir dari Carscoops, Toyota Hilux Champ menawarkan tiga pilihan powertrain dan hanya dibanderol sekitar US$ 13 ribu atau setara dengan Rp 200 jutaan di Negeri Gajah Putih tersebut.

Dilihat dari eksterior, Toyota Hilux Champ memiliki lapisan plastik tebal pada bagian depan yang terinspirasi dari Land Cruiser. Bagian ini dipadukan dengan laca yang datar dan lampu depan halogen (LED).

Toyota Rangga versi Hilux Champ menawarkan bentuk wheelbase yang lebih pendek dan panjang. Pick-up bare-bone untuk versi terpendek  memiliki dimensi dengan panjang panjang 4.970 mm, sedangkan versi yang lebih panjang mencapai 5.300 mm.

Toyota juga menambahkan lubang baut di berbagai lokasi dek sehingga memungkinkan pemilik menyesuaikan kendaraan guna memasang berbagai suku cadang aftermarket. Toyota Thailand menyebutkan bahwa ada lebih dari 100 produsen aksesori yang bisa mengubah Hilux Champ menjadi LCV impian konsumen.

Seluruh versi Toyota Hilux Champ memiliki desain kabin tunggal dengan dua pintu, dan dua tempat duduk. Sebab minimnya tampilan infotainment dan sistem multimedia membuat cluster instrumen menjadi satu-satunya informasi bagi pengemudi.

Sementara itu, Toyota menawarkan tiga pilihan powertrain dengan sistem penggerak roda belakang (RWD). untuk versi terendah mengandalkan mesin bensin 2.0 liter (1TR-FE), kemudian besin 2.7 liter (2TR-FE), dan versi terakhir adalah turbodiesel 2.4 liter (2GD-FTV).

Untuk versin bensin 2.0 liter, mesin kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 137 hp dan torsi maksimum 183 Nm. Kemudian bensin 2.7 liter bisa menyemburkan tenaga sebesar 164 hp dan torsi puncak 245 Nm. Versi ketiga yakni turbodiesel 2.4 liter bisa menghasilkan tenaga sebesar 148 hp dan torsi maksimum 343 Nm yang memungkinkan kendaraan mengangkut muatan hingga 1 ton.

Untuk versi mesin terendah disalurkan melalui gearbocx manual 5 percepatan. Sementara dua varian lainnya yakni bensin 2.7liter dan turbodiesel 2.4 lietr disalurkan melalui konverter torsi 6 percepatan otomatis.

Harga Toyota Hilux Champ

Toyota Hilux Champi di Thailand ditawarkan mulai dari harga US$ 13.065 hingga 16.425 atau setara dengan Rp 201 jutaan hingga Rp 253 jutaan. Harga ini lebih murah dibandinngkan dengan versi dasar dari Hilux  biasa yang seharga US$ 16.120 (Rp 248 jutaan).

Toyota Rangga sebelumnya telah dibawa ke Japan Mobility Show (JMS) 2023 dengan desain coffe truck. Pick-up buatan Indonesia ini pertama kali dikenalkan saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada Agustus lalu.