Hyundai Santa Fe Terbaru Bakal Meluncur ke Indonesia Tahun Depan

Selasa, 14 November 2023 | 03:28 WIB

News Image Hyundai Santa Fe

Hyundai dikabarkan bakal memboyong Santa Fe generasi kelima ke Indonesia. Santa Fe terbaru ini pertama kali dikenalkan pada saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada Agustus lalu.  

“Saya belum bisa bicara panjang-lebar mengenai Santa Fe saat ini. Tapi pastinya kita akan melakukan studi pada model ini untuk Indonesia,” jelas Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto dilansir Komparase pada Selasa, 14 November 2023.

Seperti yang diketahui, Hyundai telah menghadirkan empat Santa Fe generasi pendahulunya ke Tanah Air. Kendati demikian, untuk mendatangkan generasi kelima, Hyundai masih perlu mempelajari komponen yang tepat untuk dipasangkan ke Santa Fe di Indonesia.

“Banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari pilihan mesin hingga teknologi yang bakal disisipkan pada Santa Fe, apabila kelak dijajakan di sini,” lanjut Frans

Berdasarkan laporan Otodriver, Santa Fe generasi kelima bakal hadir pada 2024 mendatang. Namun, pihak Hyundai tidak memberikan bocoran terkait spesifikasi detail dari kendaraan ini.

“Kemungkinan Santa Fe Gen V akan masuk Indonesia pada semester kedua 2024 dan belum diketahui spesifikasi mana yang dianggap cocok dengan kebutuhan di sini,” ungkap seorang narasumber.

Jika menilik dari Santa Fe generasi kelima vesi global, perubahan mencolok terlihat pada bagian depan. Jika sebelumnya didukung dengan gril sarang lebah berukuran cukup besar maka generasi kelima didesain dengan gaya yang lebih futuristik. Pasalnya ada lampu Drive Run Light (DRL) LED segaris di antara gril yang tersambung dari kiri ke kanan. Pada ujung kanan dan kirinya didesain dengan lampu LED huruf H.

Pada bagian belakang, perubahan juga terjadi cukup mencolok di mana bodi kotaknya dipadukan dengan lampu belakang horizontal yang ditempatkan di atas bumper. Lampu ini mengingatkan dengan Hyundai Seven Concept yang dikenalkan tahun lalu.

Menurut caranddriver, wheelbase kendaraan ini lebih panjang dari generasi sebelumnya. dengan demikian, kabin pada Santa Fe generasi kelima dipastikan lebih lega. Hal ini memungkinkan adanya tambahan ruang pada baris ketiga.

Jika menilik pada bagian interiornya, terlihat familiar dengan IONIQ 5. Sementara pada bagian mesin, Santa Fe generasi kelima dikabarkan akan mengandalkan mesin 4 silinder 2,5 liter turbo yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 277 hp dan torsi maksimum 421 Nm.

Hyundai belum memberikan bocoran terkait harga. Kemungkinan harga akan cukup lebih mahal dibandingkan dengan versi sebelumnya mengingat adanya perubahan di beberapa sisi. Kendati demikian, mari nantikan informasi resmi dari Hyundai.