komparase.com

Apple Hadirkan Model iPhone 15 dengan eSIM, Baru Ada di Amerika Serikat

Jumat, 15 September 2023 | 14:30 WIB
iPhone 15 Series
iPhone 15 Series

Usai diluncurkan pada Rabu, 13 September 2023, iPhone 15 tidak henti-hentinya menyita perhatian. Apple kini membawa kebijakan baru yang ditujukan untuk Apple Fanboy (penggemar produk Apple). Pasalnya, perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini merilis eSIM untuk perangkat flagship terbarunya.

Namun, penggunaan eSIM (electronic-SIM) belum bisa dirasakan seluruh pengguna iPhone di seluruh dunia. Lantas negara mana yang menerima kebijakan baru Apple terhadap produk iPhone 15 ini?

Apple Terapkan iPhone 15 dengan eSIM

Apple pertama kali mengenalkan penggunaan eSIM pada perangkat iPhone XS/XR Series. Terkesan terburu-buru, Apple hadirkan kembali kebijakan ini pada ponsel flagshipnya, iPhone 14 yang diluncurkan tahun lalu.

Melansir dari GSM Arena, Apple telah menghilangkan seluruh SIM fisik di iPhone 14 khusus untuk pasar di Amerika Serikat. Hal serupa rupanya kembali diluncurkan oleh Apple untuk iPhone 15 yang hanya dijual di negara tuan rumahnya tersebut.

Seluruh seri iPhone 15 model Amerika Serikat telah mendukung dual eSIM. Bukan hanya itu saja, produk tersebut juga menjadi satu-satunya yang mendukung mmWave 5G. 

Sementara untuk model lain yang dipasarkan di Amerika Utara, Kanada, Meksiko dan Jepang menerapkan satu slot SIM fisik dan eSIM. Kendati demikian, Apple mengusahakan untuk pengoperasian dual eSIM masih menjadi hal yang utama.

iPhone 25 dengan model China yang dipasarkan di Hong Kong dan Macau tidak disematkan eSIM sama sekali. Sebagai gantinya, ponsel dengan model ini hanya menggunakan dua nano-SIM.

Kehadiran fitur eSIM yang dibenamkan Apple pada iPhone 15 Series belum diterapkan secara global. Bisa dilihat pada situs Apple di negara lain karena seluruh seri iPhone 15 masih mengandalkan slot kartu SIM di bagian sisi kiri ponsel.

Apple menghadirkan iPhone 15 secara global dengan empat tipe yakni iPhone 15 (reguler), iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Kali ini, Apple sudah meninggalkan USB Lightning dan menggantinya dengan USB Type-C.

Untuk perangkat paling dasar, iPhone 15 dibanderol dengan harga US$ 799 (Rp 12,2 juta), dan iPhone 15 Plus dengan harga US$ 899 (13,8 juta). Sementara untuk varian di atasnya yakni iPhone 15 Pro mulai ditawarkan dengan harga US$ 999 (Rp 15,3 juta serta perangkat paling atasnya, iPhone 15 Pro Max seharga US$ 1.199 (Rp 18,4 juta).

Sementara itu, belum ada informasi terkait kehadiran iPhone 15 Series di Indonesia. Sepertinya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 bulan. Mengingat generasi sebelumnya, iPhone 14 yang baru meluncur di Tanah Air pada November 2022 sedangkan perangkat tersebut rilis September 2022.

Lihat Juga Gadget Iphone

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini