komparase.com

Gencar Masuk Mobil Listrik Di Pasaran Indonesia, Berapa Banyak Pengguna Mobil Listrik Saat Ini?

Rabu, 20 September 2023 | 00:40 WIB
ilustrasi mobil listrik di indonesia
ilustrasi mobil listrik di indonesia

Kini penggunaan mobil listrik tengah heboh digencarkan oleh berbagai pihak. Baik dari pemerintah ataupun pabrikan produsen mobil listrik itu sendiri. Seperti KTT ASEAN yang dihelat kemarin dimana moda transportasi untuk para delegasi menggunakan mobil listrik juga.

Melihat hal ini sebenarnya ada berapa persen penduduk atau berapa jumlah pengguna mobil listrik yang ada di indonesia? Data dari Kementrian Perhubungan menyebutkan bahwa ada 81.525 unit mobil listrik yang sudah beroperasi di jalanan indonesia.

Kendaraan listrik yang telah beroperasi di indonesia tersebut dirinci dengan komposisi kendaraan listrik roda dua sebnayak 62.815 unit, komponen kendaraan listrik roda 3 sebanyak 320 unit, mobil listrik penumpang sebnyak 18.300 unit dan mobil listrik barang ada 10 unit.

Jumlah pengguna kendaraan listrik yang tergolong masih sedikit dibandingkan dengan populasi penduduk indonesia menuruk menteri perhubungan Budi Karya Sumadi, perlu dilakukan upaya yang maksimal yang tidak biasa dan terukur.

Mengingat hal tersebut pemerintah gencar untuk melakukan program konversi penggunaan kendaraan berbahan bakar dengan kendaraan listrik atau electronic vehicle. Apalagi jika melihat jumlah pengguna kendaraan beroda dua di indonesia yang cukup besar.

Penting sekali untuk melakukan konversi dari kendaraan berbahan bakar ke kendaraan listrik untuk mengurangi penggunaan energi fosil dan kondisi udara yang semakin baik. Kementrian mendorong agar sektor transportasi juga mampu memberikan kontribusi dalam menurunkan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil. Mengingat jika sektor ini mampu menyumbang emisi karbon hingga 50 persen.

Berdasarkan laman Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, penggunaan kendaraan listrik ditargetkan sebanyak 2 juta unit, sedangkan untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua mencapai 13 juta unit hingga tahun 20230. Target ini dibuat untuk menghemat devisa negara hingga 1,8 miliar dollar AS. Tidak hanya itu jika target ini terpenuhi maka indonesia mmapu menekan emisi karbon hinnga 1,1 juta ton.

Bahkan kementrian ESDM juga memasukkan targte ini dalam grand strategy energy dimana pengguna KBLBB mampu menurunkan impor bahan bakar terutama minyak hingga 77 barel oil per day.

Walaupaun pengguna kendarana listrik masih dibawah target pemerintah, namun terlihat minat masyaraat terhadap kendaraan listrik meningkat. Tentunya ini akan menjadi progres yang baik bagi berbagai pihak untuk mempercepat laju konversi peralihan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaran listrik yang lebih ramah lingkungan.

Lihat Juga Gadget Mobil

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini