Mengintip Spesifikasi Wuling Cloud EV, Kendaraan Hatchback Listrik yang Bakal Mengaspal di Indonesia

Selasa, 31 Oktober 2023 | 05:05 WIB

News Image Wuling Cloud EV

Wuling berkedapatan telah mendaftarkan kendaraan baru di Indonesia. Hal ini terlihat di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual milik Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (DJKI Kemenkumham). Kendaraan tersebut tercatat sebagai Cloud EV dengan nomor permohonan DID2023081672.

Desain Wuling Cloud EV juga sudah terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No. 54/DI/2023 yang dirilis oleh Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri DJKI Kemenkumham. Di China, Wuling menamakan kendaraan listriknya ini sebagai Baojun Cloud. 

Terkait kehadiran Cloud EV, pihak Wuling belum memberikan pernyataan resmi sehingga belum diketahui spesifikasi dan harga resmi dari Wuling Cloud EV.

Mengacu dari Baojun Cloud, Wuling Cloud EV kemungkinan didesain dengan dimensi 4.295 x 1.850 x 1.625 mm dengan jarak antar sumbu roda 2.700 mm, seperti dalam keterangan Car News China.

Baojun Cloud merupakan kendaraan hatchback dengan lima tempat duduk. Ada dua versi yang dikeluarkan Wuling untuk Baojun Cloud berdasarkan spesifikasi mesin yakni baterai berkapasitas 37,9 kWh dan 50,6 kWh.Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 100 kW dan torsi 200 Nm.

Untuk mesin yang menggunakan baterai berkapasitas 37,9 kWh mampu menjangkau jarak hingga 360 km ketika baterai diisi daya penuh. Sementara untuk baterai berkapasitas 50,6 kWh mampu menempuh hingga jarak 460 km. Baterai tersebut diklaim mampu mengisi daya dengan pengisian daya cepat (fast charging) 30-80 persen hanya dalam 30 menit.

Menilik bagian interiornya, Baojun EV dilengkapi dengan layar infotainment yang didesain mengambang dengan ukuran 15,6 inci. Kemudian juga ada layar LCD instrumen dengan ukuran 8,8 inci. Untuk model pertama dilengkapi dengan sistem LingOS 2.0 yang nantinya pengemudi bisa mengendalikan kendaraan dalam jarak jauh, interaksi suara, dan masih banyak lagi.

Untuk versi tertingginya, Wuling menyematkan desain kursi 'cloud sofa' di mana penumpang bisa mengubah kursi belakang ke posisi 135 derajat sehingga bisa untuk tiduran atau berbaring. 

Di China, Baojun Cloud atau Wuling Cloud EV dibanderol dengan harga 95.800 yuan hingga 123.800 yuan. Jika dikonversikan ke rupiah maka seharga Rp 208 juta hingga Rp 269 jutaan. Harga ini tentu saja akan semakin tinggi ketika diboyong ke Indonesia. Kendati demikian, pemerintah akan memberikan subsidi hingga 80 juta setiap pembelian kendaraan listrik.