Produsen Asal China Ini Buat Mobil Mirip Tesla Cybertruck, Dilengkapi Drone Raksasa

Minggu, 29 Oktober 2023 | 21:18 WIB

News Image Xpeng Land Aircraft Carrier

Xpeng gegerkan publik usai memperlihatkan konsep kendaraan terbarunya. Secara desain, kendaraan Xpeng terlihat mirip dengan Tesla Cybertruck yang bakal meluncur November mendatang. Hal ini bisa menyebabkan kemarahan besar bagi produsen raksasa Amerika Serikat tersebut.

Kendaraan yang mirip Cybertruck ini bernama Xpeng Land Aircraft Carrier. Memiliki gaya yang mirip, Xpeng mengklaim menambahkan fitur yang lebih canggih dan tidak ditemui di Tesla Cybertruck.

Berdasarkan laporan dari Drive, Xpeng tidak sepenuhnya mengadopsi desain dari Tesla Cybertruck. Produsen asal China tersebut tampaknya memadukan gaya Cybertruck dengan Hyundai Staria.

Xpeng Land Aircraft Carrier didesain dengan enam roda. Xpeng mengklaim dengan adanya enam roda, Land Aircraft Carrier bukan hanya melaju dengan mulus di jalanan yang rata atau di medan yang cukup berat. Pada bagian belakang, Xpeng menerapkan empat roda.

Berbicara pada bagian belakang, Xpeng rupanya memberikan kejutan lain terhadap Land Aircraft Carrier. Melalui akun resmi X (dulu Twitter), Xpeng menjelaskan bahwa bagian kabin belakang tersimpan drone berukuran raksasa. Drone tersebut layaknya helikopter namun berukuran mini.

Ketika pengendara dalam kondisi darurat seperti terjebak salju atau banjir, pengendara bisa pindah ke drone yang bisa memuat dua orang. Bagian drone terdapat dua bangku dengan lapisan kaca di setiap sisinya.

Xpeng Land Aircraft Carrier masih dalam bentuk konsep dan kemungkinan kendaraan listriknya di masa depan akan mengadopsi desain yang unik. Sementara Xpeng baru menjelaskan konsep kendaraan tanpa menyebutkan spesifikasi.

Tesla akhirnya memastikan Cybertruck bakal meluncur pada akhir November 2023. Awalnya Tesla Cybertruck meluncur di kuartal ketiga 2023 namun terpaksa tertunda karena jumlah produksi belum mencukupi total pesanan.