Toyota Tarik 751 Ribu Unit Highlander, Ada Masalah Bumper Depan

Jumat, 27 Oktober 2023 | 07:00 WIB

News Image Toyota Highlander

Toyota harus menarik kembali (recall) untuk kendaraannya model Highlander dan Highlander hybrid. Keputusan ini diambil karena bumper bagian depan mudah terlepas dari pengaitnya.

Berdasarkan laporan dari Carscoops, jendaraan model Highlander dan Highlander hybrid yang berdampak merupakan edisi 2022 dan 2023. Alhasil ada 751 ribu unit yang terdampak masalah tersebut.

Menindaklanjuti kendaraan konsumen yang terdampak, Toyota akan melakukan perbaikan dalam beberapa minggu ke depan terhadap Highlander yang berbahan minyak maupun Highlander dengan tenaga hybrid.

Kejadian ini mungkin dirasakan oleh sebagian pengguna ketika mengalami benturan kecil pada bagian tab bumper terlepas. Di beberapa kasus memungkinkan bumper bagian bawah bisa terlepas sepenuhnya.

Sebagai informasi, bumper Highlander terbuat dari resin dengan tab pemasangan untuk menahan bumper agar berada di tempatnya. 

Dalam masalah ini, Toyota bakal melakukan perbaikan secara keseluruhan bagi kendaraan yang terdampak. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui potensi kerusakan yang terjadi pada kendaraan. Apabila ada bagian penutup bumper yang bermasalah, Toyota bakal menambahkan perangkat keras sebagai penahannya.

Pemilik kendaraan Highlander edisi 2022-2023 yang tidak mengalami kerusakan juga mendapatkan layanan ini. Toyota bakal menambahkan perangkat keras retensi sebagai langkah pencegahan dari kecelakaan.

Toyota tengah menghubungi setiap dealer untuk masalah ini atau menunggu dokumen publik muncul di NHTSA.gov. Perusahaan berencana akan menghubungi pemilik kendaraan Highlander pada Desember mendatang.