Honda Hadirkan Taksi Online Tanpa Sopir, Bakal Resmi Meluncur 2026

Kamis, 26 Oktober 2023 | 02:27 WIB

News Image Honda Cruise Origin

Honda resmi mengenalkan kendaraan ride hailing otomatis di Japan Mobility Show (JMS) 2023. Kendaraan ini bernama Cruise Origin yang mirip dengan taksi online namun tidak ada sopir. Rencananya, taksi online tanpa pengemudi tersebut akan meluncur pada 2026.

Sebab tidak ada pengemudi, ruang kabin menjadi lebih luas. Alhasil, Cruise Origin mampu diisi enam penumpang dengan layout berhadap-hadapan. Cara kerja kendaraan ini dinilai efisien dan mudah digunakan oleh para penumpang.

Penumpang akan dijemput dengan Cruise Origin dsn diantarkan ke tujuan sesuai permintaan. Penumpang bisa menggunakan aplikasi khusus yang disediakan Honda untuk mengelola dan mengontrol proses pengantaran mulai dari penjemputan hingga pembayaran.

Pada tahap awal, Honda baru menghadirkan layanan taksi online tanpa pengemudi sebanyak 12 unit yang fokus diperuntukkan area pusat kota Jepang. Namun, perusahaan juga berencana untuk berekspansi ke luar Tokyo dan akan memproduksi sebanyak 500 unit.

“Menyediakan layanan ini di pusat kota Tokyo dimana lingkungan lalu lintasnya rumit akan menjadi tantangan besar, namun, dengan bekerja sama dengan Cruise dan GM, Honda akan mengerahkan upaya lebih lanjut untuk mewujudkannya.” ujar CEO Global Honda Toshihiro Mibe dilansir dari situs resmi Honda pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Kendaraan ride haill tanpa sopir tersebut merupakan kerjasama antara Honda, Cruise dan General Motors (GM). Ketiga perusahaan ini akan membuat perusahaan baru yang didirikan pada kuartal pertama 2024 sambil menunggu izin dari pemerintah.

Layanan transportasi penumpang tanpa pengemudi tersebut diharapkan memberikan mobilitas yang benar-benar baru bagi pelanggan di Jepang termasuk kalangan pebisnis, keluarga, wisatawan, dan masih banyak lagi. Honda Cruise Origin sementara hanya menawarkan layanan di negara asalnya pada 2026 dan belum berencana untuk berekspansi ke luar negeri.