komparase.com

7 Cara Mengatasi Notifikasi iPhone Tidak Tersedia, Bisa Dilakukan di Rumah

Kamis, 14 September 2023 | 08:00 WIB
Ilustrasi iPhone
Ilustrasi iPhone

Pengguna iPhone terkadang mengalami masalah untuk menggunakan perangkat mereka. Salah satu yang mungkin dirasakan sebagian pengguna adalah muncul pesan iPhone Tidak Tersedia atau iPhone Unavailable.

Pesan tersebut biasanya muncul pada layar kunci perangkat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pesan 'iPhone Tidak Tersedia' di antaranya penggunaan kata sandi beberapa kali, belum update perangkat, hingga ada masalah pada perangkat keras alias hardware. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Masukkan Password dengan Benar

Agar tidak mengalami masalah 'iPhone Tidak Tersedia', pengguna Apple diminta untuk mengecek secara rutin perangkat. Namun, apabila pengguna terlanjur mengalami masalah tersebut maka langkag pertama yang perlu dilakukan adalah memasukkan password alias kata sandi.

Pengguna memiliki kesempatan beberapa kali untuk memasukkan kata sandi. Waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan kata sandi sekitar satu menit. Namun, apabila kata sandi yang dimasukkan selalu salah hingga muncul 'Penguncian Keamanan' maka pengguna harus menunggu waktu penguncian berakhir hingga bisa digunakan kembali.

2. Restart Perangkat

Langkah yang sering diambil ketika mengalami masalah pada perangkat yang digunakan adalah memuat ulang atau restart perangkat. Cara ini memang diklaim efektif untuk mengatasi sejumlah masalah begitu pula ketika muncul 'iPhone Tidak Tersedia'

Cara restart sederhana di mana pengguna cukup menekan tombol 'Power' hingga perangkat mati. Pengguna bisa menyalakan kembali perangkat dan siap menjalankan kembali perangkatnya.

3. Atur Ulang atau Reset Perangkat

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengatur perangkat yakni pengguna harus menggunakan perangkat dengan iOS 15.2 atau iPadOS 15.2 atau versi terbaru. iPhone, iPad, atau iPod harus terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi. Serta diperlukan ID Apple untuk bisa mengatur ulang perangkat.

Sebagai catatan, perangkat tidak bisa dihubungkan melalui Wi-Fi apabila muncul 'Penguncian Keamanan' di layar kunci. Perangkat bisa terhubung ke Wi-Fi apabila kunci perangkat dibuka.

- Apabila muncul 'Penguncian Keamanan maka ketuk opsi 'Hapus iPhone'.

- Kemudian ketuk opsi 'Hapus' lagi untuk mereset perangkat.

- Masukkan ID Apple lalu ketuk opsi 'Hapus' untuk menghapus seluruh data serta pengaturan di perangkat.

- iPhone akan direset dan tunggu prosesnya berakhir.

4. Reset via iTunes

Selain mereset perangkat, pengguna juga bisa mengatasi 'iPhone Tidak Tersedia' dengan mengatur ulang melalui iTunes yang tersedia di desktop. Sebelum melakukannya, pastikan iTunes sudah masuk sistem operasi di desktop. 

Matikan iPhone kemudian masuk ke Recovery Mode sesuai dengan perangkat Apple masing-masing. Pasalnya, ada perbedaan di beberapa perangkat untuk bisa masuk ke Recovery Mode.

- Tunggu iPhone dengan Recovery Mode terhubung ke iTunes di desktop.

- Apabila sudah terhubung, iTunes akan muncul opsi 'Restore' atau 'Update' lalu pilih opsi 'Restore'.

- Tunggu proses reset hingga pengaturan perangkat muncul.

- Tunggu pengaturan perangkat selesai hingga muncul layar Home.

5. Update Perangkat Lunak

Seperti yang disinggung di atas, perangkat yang tidak diupdate akan mengalami permasalahan. Bukan hanya perangkat jadi lamban melainkan mumcul beberapa notifikasi seperti 'iPhone Tidak Tersedia'. Perusahaan umumnya telah memberitahukan bahwa perangkat dengan OS tertentu harus update ke versi baru.

Perangkat biasanya akan memunculkan notifikasi ketika sudah waktunya untuk memperbarui OS. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya segera masuk ke pengaturan perangkat atau aplikasi lalu ketuk opsi update. 

6. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Seperti halnya pemberitahuan untuk pembaruan, perangkat juga akan memunculkan notifikasi ketika ruang penyimpanan penuh. Pasalnya, ketika ruang penyimpanan penuh akan menghalangi proses kinerja aplikasi yang tersedia dan di antaranya muncul pemberitahuan 'iPhone Tidak Tersedia' pada perangkat Apple itu.

Sebelum menerima pemberitahuan ruang penyimpanan penuh atau 'iPhone Tidak Tersedia', alangkah baiknya rutin untuk menghapus file-file yang tidak digunakan atau mengganggu performa perangkat secara rutin.

7. Hubungi Service Center Apple

Apabila langkah-langkah di atas belum juga membuahkan hasil, pengguna bisa menghubungi atau mengunjungi service center Apple. Langkah ini juga dinilai aman apabila pengguna tidak berani mengotak-atik perangkatnya apabila muncul pemberitahuan 'iPhone Tidak Tersedia'. 

Dengan mengubungi atau mengunjungi service center, pihak Apple akan memberitahukan penyebab notifikasi tersebut muncul. Bukan hanya itu saja, pihak service center juga akan memberitahu langkah-langkah awal apabila hal serupa terjadi lagi.

Di atas merupakan langkah-langkah yang bisa dilakukan pengguna apabila perangkat muncul 'iPhone Tidak Tersedia'. Tidak perlu panik, karena masalah tersebut bisa diatasi sendiri di rumah maupun di mana saja dengan mudah.

Lihat Juga Gadget Iphone

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini