Lenovo™ Pamerkan Smarter AI for All untuk Semua Perangkat, Solusi, dan Portofolio Konsep AI yang Komprehensif di Tech World 2024

Senin, 21 Oktober 2024 | 04:17 WIB

News Image Lenovo AI Buddy Proof of Concept

Seatle, Komparase.com - Lenovo telah mengungkap inovasi AI paling ambisiusnya hingga saat ini di acara Tech World 2024, yang memperkuat tujuannya untuk menciptakan masa depan “Smarter AI for All.” Di antara yang menjadi sorotan adalah Lenovo AI Now, agen AI lokal yang mengubah PC menjadi asisten yang dipersonalisasi; laptop AI ThinkPad™ X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition baru, yang mengintegrasikan fitur-fitur berbasis AI untuk pekerjaan hibrida; dan Lenovo Learning Zone, platform perangkat lunak pendidikan pribadi yang didukung AI. Selain itu, Lenovo juga memamerkan bukti konsep baru yang menarik seperti Lenovo “AI Buddy”, modul interaktif visual, dan demo teknologi canggih, termasuk solusi Workstation AI dan keamanan ThinkShield™ AI PC, yang menunjukkan ambisinya untuk memimpin solusi AI yang mutakhir. Pengumuman ini menunjukkan bagaimana portofolio AI Lenovo mempersonalisasi pengalaman, meningkatkan produktivitas, dan memberikan perlindungan data untuk pekerjaan, pembelajaran, dan kehidupan di rumah.

Memimpin Smarter AI for All 

"Di Lenovo, visi kami adalah menghadirkan teknologi yang lebih cerdas untuk semua orang, dengan komitmen yang teguh untuk membentuk masa depan yang didukung oleh AI. Dengan salah satu portofolio AI terlengkap di industri ini, kami menyediakan perangkat dan solusi yang kuat, fleksibel, dan bertanggung jawab yang memberdayakan individu dan mendorong transformasi di seluruh industri,” kata Luca Rossi, President, Intelligent Devices Group at Lenovo. “Fokus kami pada pengalaman yang dipersonalisasi, produktif, dan terlindungi memastikan bahwa ekosistem yang digerakkan oleh AI kami membantu membuka kreativitas, meningkatkan kolaborasi, dan terintegrasi dengan lancar ke dalam lingkungan digital apa pun."

Perangkat dan Perangkat Lunak Baru Siap Hadirkan AI Sehari-hari bagi Konsumen dan Bisnis

Perangkat dan solusi bertenaga AI dari Lenovo ini dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan pengguna, menawarkan pengalaman yang disesuaikan untuk para profesional, pelajar, dan bisnis. Dengan mengintegrasikan AI di seluruh portofolio produknya, Lenovo bertujuan untuk menyederhanakan alur kerja, meningkatkan kolaborasi, dan menyediakan pengalaman komputasi yang lebih aman dan personal. Berikut adalah pengumuman produk utama dari Tech World 2024, yang masing-masing menyoroti komitmen Lenovo untuk menghadirkan teknologi yang lebih cerdas yang intuitif dan berdampak.

Lenovo AI Now: Merevolusi Pengalaman PC Bertenaga AI

Lenovo AI Now adalah agen AI inovatif yang dirancang untuk mengubah PC tradisional menjadi perangkat AI yang benar-benar personal. Agen ini memanfaatkan Large Language Model (LLM) lokal yang dibangun di atas Llama 3.1 milik Meta, yang memungkinkan interaksi real-time dengan basis pengetahuan pribadi (PKB) pengguna tanpa bergantung pada pemrosesan cloud. Hal ini menawarkan privasi data yang lebih baik, karena semua interaksi tetap tersimpan secara lokal di perangkat. Pengguna dapat menggunakan Lenovo AI Now untuk mengotomatiskan dan menyederhanakan berbagai tugas, mulai dari manajemen dokumen dan transkripsi rapat daring hingga kontrol perangkat dan pembuatan konten. Asisten AI platform yang intuitif ini mendukung interaksi bahasa alami, yang memungkinkan pengguna untuk mencari dokumen perangkat, gambar lokal, atau membuat ringkasan teks berdasarkan kueri tertentu dengan cepat.

Lenovo AI Now juga mengintegrasikan fungsi asisten PC, yang memungkinkan pengguna mengonfigurasi perangkat mereka melalui perintah bahasa alami. Misalnya, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan seperti kecerahan layar atau mengaktifkan alat produktivitas seperti mode perawatan mata, semuanya hanya dengan meminta Lenovo AI Now. Dengan asisten pengetahuan, pengguna dapat memasukkan file ke dalam basis pengetahuan pribadi mereka, mencari di dalamnya, dan bahkan mengajukan pertanyaan tertentu untuk mendapatkan wawasan utama, menjadikan Lenovo AI Now alat yang hebat untuk mengatur data dalam jumlah besar.

Selain itu, Lenovo AI Now mendukung ekosistem yang kaya dari aplikasi Lenovo dan aplikasi AI pihak ketiga, yang selanjutnya memperluas kemampuan platform untuk mendukung pekerjaan kantor, tugas kreatif, dan bahkan bermain game. Platform ini memberdayakan para profesional, pelajar, dan pekerja kreatif dengan alat AI yang dapat meringkas dokumen, menyusun respon, menghasilkan visual, dan banyak lagi—semuanya sekaligus memungkinkan pengalaman yang lancar dan cepat di perangkat lokal, serta memanfaatkan kekuatan cloud.

Dengan LLM lokal dan dirancang untuk memanfaatkan arsitektur komputasi heterogen, menggabungkan daya CPU (central processing unit), GPU (graphics processing unit), dan NPU (neural processing unit), Lenovo AI Now menghadirkan kinerja berkecepatan tinggi sekaligus meminimalkan penggunaan baterai. Sebagai solusi yang terintegrasi sepenuhnya, Lenovo AI Now juga menyediakan dukungan yang lancar untuk layanan purnajual, rekomendasi perangkat, dan dukungan pelanggan melalui asisten virtual Lenovo, yang tertanam dalam platform untuk bantuan dan pemecahan masalah instan.

Lenovo AI Now dirancang dengan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk membantu melindungi data dan privasi pengguna. Basis pengetahuan pribadi menyimpan semua data pribadi secara lokal di perangkat, dilindungi oleh algoritma keamanan yang kuat. Selain fungsi AI lokal, pengguna juga memiliki akses ke layanan berbasis cloud untuk memperluas skenario AI. Dalam hal ini, pengguna memiliki kendali penuh atas kapan layanan cloud diakses, dan persetujuan eksplisit diperlukan setiap kali data cloud digunakan.

Selain itu, Microsoft Azure AI Content Safety disematkan di Lenovo AI Now, yang memungkinkan pemantauan dan penyaringan konten berbahaya secara real-time. Lenovo AI Now juga telah menerima verifikasi klaim pemasaran dari UL Solutions untuk algoritma AI kami, yang diverifikasi untuk pengumpulan, penyimpanan, perlindungan, dan pemaparan data, dan merupakan aplikasi AI pertama yang meraih peringkat UL Solutions AI Model Transparency Benchmark Diamond, yang menghasilkan UL Verified Mark untuk AI Model Transparency, yang selanjutnya menunjukkan bagaimana Lenovo memprioritaskan keamanan dan privasi.

Dengan Lenovo AI Now, pengguna memperoleh pengalaman yang dipersonalisasi, produktif, dan terlindungi yang melampaui batasan kemampuan PC bertenaga AI, memastikan perangkat Lenovo mereka lebih cerdas, lebih intuitif, dan lebih aman untuk penggunaan sehari-hari.

ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition: Mendefinisikan Ulang Pekerjaan dan Produktivitas Hibrida

ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition dibuat untuk menawarkan fleksibilitas dan kekuatan yang tak tertandingi, menjadikannya solusi terbaik bagi para profesional yang membutuhkan fleksibilitas, mobilitas, dan performa. Sebagai Copilot+ PC 2-in-1 baru yang dilengkapi opsi layar OLED super terang dengan kecepatan refresh variabel hingga 120Hz, perangkat ini bertransisi dengan mulus antara mode laptop dan tablet, memungkinkan pengguna untuk beradaptasi dengan berbagai skenario kerja—baik mencatat selama rapat, membuat sketsa dengan Lenovo Yoga Pen, atau mengerjakan laporan yang rumit. Ditenagai oleh prosesor seri Intel® Core™ Ultra 200V dengan grafis Intel® Arc™ dan NPU yang terintegrasi hingga 48 TOPS, ThinkPad X1 2-in-1 dirancang untuk menangani tugas-tugas yang digerakkan oleh AI dengan mudah, dan menghasilkan wawasan data real-time, untuk meningkatkan presentasi visual.

Sebagai Copilot+ PC, ThinkPad X1 2-in-1 Gen 10 Aura Edition menawarkan performa dan daya tahan baterai yang tak tertandingi, serta standar keamanan Windows tertinggi yang tersedia. Pengguna dapat mempercepat produktivitas dan kreativitas mereka dengan pengalaman AI baru seperti Live Captions dengan terjemahan, yang memungkinkan mereka berkomunikasi lintas bahasa dengan teman dan keluarga, atau Cocreator di Paint yang menginspirasi kreativitas orang-orang untuk membantu mewujudkan ide-ide mereka. Fitur-fitur Copilot+ PC ini akan tersedia dari Microsoft mulai akhir November.


Nabila

Nabila

Writer