Google Baru Saja Menambahkan Fitur Pendeteksi Suara AI pada Chrome Extension

Jumat, 18 Oktober 2024 | 07:02 WIB

News Image Sumber foto: Hiya

Tahun 2024 merupakan tahun politik yang krusial selain untuk masyarakat Indonesia juga warga AS. Ini disebabkan pemilihan presiden akan terjadi awal November nanti di AS. Satu hal yang menarik akibat dampak dari pemilihan presiden tersebut adalah perusahaan Google yang mencoba menambah Chrome Extensions pendeteksi suara AI.

Warga AS Menggunakan Deepfake Voice AI
Hiya

Perusahaan pendeteksi penipuan asal Amerika, Hiya resmi meluncurkan produk gratis untuk Chrome yaitu  “Hiya Deepfake Voice Detector” atau alat pendeteksi suara yang dibuat dengan generator AI.

Voice detector ini merupakan suatu sikap kesadaran bagi warga AS untuk lebih teliti dan bijak dalam melaksanakan pemungutan suara untuk memilih siapa pemimpin negeri mereka.

Menurut sumber resmi AS, engadget{17/10/2024), Hiya mengakui sendiri bahwa percobaan fitur pihak ketiga ini telah tervalidasi 99% akurat oleh Chrome Extension. 

Bahkan fitur tambahan ini hanya perlu mendeteksi suara dalam beberapa detik saja.Fitur ini bekerja dengan cara mendengarkan suara yang berputar di video atau audio streams, kemudian memberitahu kepada Anda apakah suara tersebut asli atau telah dimanipulasi oleh AI.

Kabarnya, fitur ini sudah dapat digunakan sepenuhnya tepat seminggu sebelum pemilihan suara warga AS. 

Rifa Khaerunnisa

Rifa Khaerunnisa

Writer