Apple iPad Mini 6 Dengan Samsung Galaxy Tab A9. Mana Lebih Unggul?

Jumat, 18 Oktober 2024 | 01:13 WIB

News Image iPad Mini 6 (kiri) dan Samsung Galaxy Tab A9 (kanan)

Ketika ingin memiliki gadget dengan working friendly, sangat membantu day to day task Anda, dan pastinya mudah digenggam mungkin barang pertama yang dipikirkan adalah tablet dengan ukuran kecil.

Tablet yang semestinya harus sepanjang kurang lebih 20-25cm ini, perlu dicari tahu terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk membeli. Termasuk memilih salah satu dari kedua tablet ukuran kecil antara iPad Mini 6 atau Samsung Galaxy Tab A9.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa pemakaian tablet sangat tergantung pada preferensi pengguna. Jika preferensi atau tablet yang dicari mengutamakan performa, kualitas layar, dan ekosistem aplikasi maka iPad Mini 6 bisa dijadikan rujukan.

Namun, jika Anda mencari tablet yang layarnya lebih besar dan fokus pada konsumsi media dan penggunaan sehari-hari. Galaxy Tab A9 adalah jawaban yang tepat.

Harga

Suatu tablet khususnya tablet ukuran kecil mempunyai harga variatif bergantung pada spesifikasi dan wilayah. iPad Mini 6 cenderung lebih mahal dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab A9.

iPad Mini 6 seharga 6,8 juta rupiah dan Samsung Galaxy Tab A9 seharga 2 juta rupiah.

Prosesor

Pada penggunaannya iPad Mini 6 menggunakan prosesor iPadOS dengan sistem aplikasi yang beragam dan banyak, sangat nyaman untuk multitasking.

Berbeda dengan Galaxy Tab A9 yang menggunakan OneUI antarmuka, cocok untuk fleksibilitas dan cukup untuk daily task. 

Baterai 

Pada iPad Mini 6 dan Galaxy Tab A9 mempunyai baterai dan pengisian daya dengan proses yang hampir mirip. Keduanya tahan hampir 10 jam namun pada Samsung dapat mengalami performa berbeda tergantung penggunaan.

Performa

Sesuai dengan persaingan harga, iPad Mini menggunakan chip A15 Bionic, dikenal mampu kinerja tinggi, efisiensi energi, dan gaming yang lancar. Sedangkan Galaxy Tab A9 menggunakan chip MediaTek untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing, streaming, dan aplikasi ringan.

Kamera

Pada fitur kamera, iPad Mini 6 keduanya memiliki lensa 12MP, kamera utama mendukung video 4K. Tidak kalah dengan Samsung Galaxy Tab A9, dengan harga terjangkau mempunyai kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP.

Bodi Tablet

Untuk bodi pada tablet keduanya, iPad Mini memiliki layar 8,3 inci Liquid Retina dengan resolusi 2266 x 1488 piksel lebih kecil namun hasil warna yang lebih beragam, didesain aluminium dan bezel yang tipis, berat dan kuat. 

Pada Galaxy Tab A9 memiliki layar lebih lebar yaitu 10,5 inci TFT dengan resolusi 2000 x 1200 piksel. Didesain bodi plastik, sederhana dan fungsional. 

Kembali kepada kebutuhan masing-masing, jika Anda adalah seorang pekerja professional yang membutuhkan aplikasi berat, perlu upgrade ke iPad Mini 6 jika ingin tetap produktif di mana saja dan kapan saja tanpa halangan.

Namun, jika Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang kesehariannya membaca, mengetik, dan presentasi, Samsung Galaxy Tab A9 sudah sangat cukup membantu mobilitas keseharian Anda. 

Rifa Khaerunnisa

Rifa Khaerunnisa

Writer