Mata Sering Lelah? 7 Tips Membaca E-Book dengan Nyaman Melalui Tab atau iPad

Rabu, 16 Oktober 2024 | 14:18 WIB

News Image iPad Mini. Sumber foto: ebookfriendly.com

Senang membeli e-book di e-commerce namun mata sering kelelahan jika sudah membaca terlalu lama? Akhirnya e-book Anda menumpuk di daftar bacaan yang belum terselesaikan.

Apalagi bagi Anda pembaca yang sudah menggunakan tab atau iPad, akan merasa belum menggunakan gadget tersebut semaksimal mungkin. Hal ini memang dapat membuat perasaan kesal nan gusar.

Untuk membaca, disarankan menggunakan tablet ukuran kecil seperti untuk sistem Android menggunakan tab Samsung Galaxy Tab A9, Xiaomi Pad 6, atau merek lainnya atau Apple yaitu iPad mini supaya dapat memudahkan untuk dibawa ke mana saja. 

Bagi Anda yang sudah mempunyai daftar bacaan menumpuk di tab atau iPad namun masih berusaha digunakan sebagai alternatif sebelum menggunakan Kindle. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi mata kelelahan akibat membaca e-book terlalu lama.

1. Atur kecerahan layar

Hindari kecerahan yang terlalu tinggi, atur cahaya di tab atau iPad Anda ke tingkat paling rendah. Hal ini lah yang sering menjadi penyebab mata Anda mudah lelah.

2. Gunakan fitur cahaya biru atau mode malam

Dengan mengaktifkan filter cahaya biru, hal pertama yang Anda notis adalah layar yang menjadi kuning. Tidak perlu panik, layar yang nampak terlihat kuning membantu melindungi mata supaya tidak mudah lelah.

3. Pilih Font dan Ukuran Teks yang Nyaman

Alasan membaca melalui tab atau iPad adalah supaya dapat membaca dengan lama di mana saja dan dengan ruang yang minimalis (bentuknya yang tipis). 

Namun, akan bermasalah jika font yang digunakan tidak dapat dibaca dengan waktu yang lama apalagi ukuran font yang terbilang terlalu kecil atau besar sangat mengganggu penglihatan mata saat membaca.

4. Sesuaikan Margin dan Spasi

Jika Anda terbiasa nyaman dengan ukuran kecil nan rapat, hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi scroll atau slide pada layar tab atau iPad. Namun, ini dapat menjadi preferensi setiap individu.

5. Gunakan Fitur Pembaca

Mengaktifkan fitur pembaca atau read only menjadikan Anda terjauh dari gangguan yang ada pada layar seperti iklan atau elemen lain yang mengganggu.

6. Minimalkan Gangguan

Sekarang sudah banyak gadget dengan fitur mengatur aplikasi dan pemberitahuan. Meminimalkan gangguan pada layar tab atau iPad Anda dari hal lainnya seperti menyalakan mode DND atau Do Not Disturb.

7. Gunakan Aksesori

Selain layar, posisi atau cara membaca juga dapat mempengaruhi mata menjadi lelah. Gunakan aksesori untuk tab atau iPad Anda seperti stand atau case supaya membaca dengan posisi yang benar. 

Rifa Khaerunnisa

Rifa Khaerunnisa

Writer