Volkswagen Recall SUV Atlas 2019 karena Ada Masalah di Airbag

Selasa, 17 Oktober 2023 | 05:58 WIB

News Image Volkswagen Atlas

Volkswagen tarik kembali (recall) SUV Atlas edisi 2019 setelah alami masalah pada airbag. Langkah ini diambil setelah ada laporan dari pemasok yang memperingatkan potensi kerusakan airbag pada beberapa unit. 

Melansir dari Carscoops, Volkswagen telah menyadari ada kerusakan pada airbag sejak 28 Juli lalu setelah peringatan dari pemasok. Sebelumnya pemasok telah memperingatkan Volkswagen bahwa airbag samping dapat berdampak jika kendaraan diproduksi dengan tidak benar.

Pemasok khawatir tempat airbag hilang ketika ada kesalahan selama produksi kendaraan di pabrik. Antara bulan Agustus dan September, Volkswagen akhirnya melakukan peninjauan internal dalam upaya mengidentifikasi berapa banyak kendaraan yang terdampak masalah tersebut.

Pada 28 September, produsen otomotif asal Jerman ini memutuskan SUV Atlas mengalami masalah di antaranya lapisan las airbag yang hilang, penyebaran airbags terganggu, atau dapat terpisah seluruhnya sehingga meningkatkan resiko cedera apabila terjadi kecelakaan.

Dari investigasi yang sudah dilakukan, Volkswagen mengumumkan ada dua unit SUV Atlas dari model 2019 yang terdampak. Oleh sebab itu, perusahaan mengumumkan penarikan kepada dua SUV yang terindikasi masalah pada airbag sebagai bentuk pencegahan atas potensi cedera. 

Volkswagen berencana akan menghubungi kedua pemilik SUV Atlas 2019 pada 1 Desember. Kemudian perusahaan akan mengganti airbag samping terbaru yang diproduksi dengan benar. Terkait masalah ini, Volkswagen tidak mengungkapkan identitas atau negara asal pemilik mobil yang mengalami masalah tersebut.