Spesifikasi dan Harga Toyota Rumion, Mobil Segmen MPV Kembaran Suzuki Ertiga

Senin, 11 September 2023 | 11:02 WIB

News Image Toyota Rumion

Toyota baru saja mengenalkan model mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) terbarunya. Produk mobil terbarunya ini bernama Rumion dan merupakan kolaborasi dengan Maruti Suzuki. Jadi wajar saja apabila MPV terbaru Toyota ini disebut kembaran dari Suzuki Ertiga.

Saat ini, Toyota Rumion baru resmi diluncurkan di India dan Afrika Selatan. Seperti yang diketahui, Toyota India tidak memproduksi mobil Avanza untuk kelas MPV. Oleh sebab itu, Rumion diharapkan mampu memenuhi kenyamanan berkendara warga India di kelas segmen low MPV.

Spesifikasi Toyota Rumion

Secara desain, Toyota Rumion memiliki sentuhan yang mirip denfan Ertiga. Agar tidak terkesan mirip, Toyota memberikan tampilan yang berbeda di beberapa bagian. Di antaranya pada bagian gril, Toyota lebih menggunakan gril dengan bentuk heksagonal Honey.

Jika dilihat lebih dekat, bagian gril ini juga terkesan mirip dengan Innova Reborn dan Zenix. Sementara warna yang ditawarkan ada tujuh macam yakni Shadow Black Pearl, Premium Liquid Silver, Seal Grey Metallic, Autumn Blaze Red, Cedar Brown, Azura Blue, dan Mystic Pearl White. 

Sementara bagian interior, Rumion merupakan MPV dengan tujuh penumpang. Pada bagian bangku, Toyota menggunakan bahan fabric. Selain itu, kesan mewah juga ditunjukkan pada bagian dashboard yang menggunakan aksen kayu.

Toyota juga menggunakan layar headlamp 7,78 inci yang bisa disambungkan dengan Apple CarPlay. Kemudian, mobil asal Jepang ini juga sudah dilengkapi fitur ISOFIX pada bagian joknya. Fitur keamanan lainnya seperti Vehicle Stability Control, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Emergency Locking Retractor, dan dua airbags pada bagian bangku depan.

Sementara bagian dapur pacu, Toyota membenamkan mesin K15B naturally-aspirated, 4 silinder yang berkapasitas 1.426 cc. Mesin mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 dk dan perputaran torsi maksimum 138 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Harga Toyota Rumion

Toyota Rumion sudah dijual di pasaran India dengan harga 1.029.000 rupee atau setara dengan Rp 189 jutaan untuk tipe S MT Neo Drive. Sedangkan harga termahal adalah 1.368.000 rupee (Rp 253 jutaan) untuk tipe V AT Neo. 

Toyota belum memastikan akan menjual produknya tersebut di luar India dan Afrika. Namun, mobil ini dipastikan menyasar pasar low MPV seperti Ertiga atau Avanza.