komparase.com

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Mendapatkan Update OS hingga 7 Tahun, Lebih Lama dari Apple

Jumat, 6 Oktober 2023 | 20:00 WIB
Google Pixel 8
Google Pixel 8

Google baru saja meluncurkan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Sejak diumumkan, Google Pixel 8 telah menuai banyak sorotan lantaran fitur-fitur yang disuguhkan mulai dari segi fotografi hingga mesin.

Kali ini, Google kembali kejutkan publik terkait produknya tersebut. Pasalnya, Pixel 8 diklaim bisa update perangkat lunak (software) hingga tujuh tahun ke depan.

"Kami umumkan komitmen kami untuk menyediakan tujuh tahun untuk dukungan software pada Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, termasuk update Android OS, update fitur keamanan, dan reguler Feature Drops. Itu artinya, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Anda mendapatkan dukungan (update) hingga 2030," ujar pihak Google dilansir dari GBR pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Dukungan yang diberikan Google kepada seri Pixel 8 terbilang jauh lebih lama dibanding kompetitornya seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Apple. Khususnya Apple, Google mengklaim bahwa kompetitornya tidak memiliki waktu yang pasti untuk perangkatnya bisa meningkatkan OS mereka.

Berdasarkan laporan Gizmodo, Apple meluncurkan iPhone 8 dan iPhone X dengan iOS 11 dan mendapatkan pembaruan terakhirnya hingga iOS 16. Begitu pula dengan generasi sebelumnya, iPhone 7 yang awalnya dibenamkan iOS 10 mendapatkan update terakhir iOS 15.

Dukungan ini rupanya karena pengaruh chipset yang digunakan. Sebab Google kini membenamkan chipset Tensor notabene miliknya sendiri. Dengan demikian, Google telah menganalisa kebutuhan pengguna karena sistem operasi yang disematkan. Seperti yang diketahui, sebagian perangkat masih mengandalkan produk chipset dari pihak ketiga seperti Qualcomm atau MediaTek yang tidak memiliki jangka panjang untuk update perangkat lunak.

Meski Google menjanjikan untuk pembaruan selama 7 tahun ke depan, perusahaan tidak serta merta meluncurkan pembaruan begitu saja. Google masih perlu menganalisa demi kenyamanan pengguna sebelum pembaruan resmi diluncurkan.

Lihat Juga Gadget Google

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini