4 Manfaat Penggunaan Teknik Eco Driving Saat Mengemudi

Rabu, 4 Oktober 2023 | 23:31 WIB

News Image Ilustrasi Eco Driving

Semakin banyak kendaraan yang digunakan maka semakin banyak pula hasil pembakaran dari konsumsi bahan bakar. Untuk mengatasi hal tersebut muncul istilah eco driving di mana kendaraan yang digunakan telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa menekan bahan bakar.

Eco Driving merupakan salah satu dari aspek mengemudi yang harus dikuasai oleh pengendara setelah defensive driving dan safety driving. Teknik mengemudi ini mencangkup seperti mempertahankan kecepatan berkemudi, mengantisipasi arus lalu lintas, menghindari akselerasi dan pengereman yang berlebihan. Lantas apa manfaat dari eco driving

1. Menekan Konsumsi Bahan Bakar

Teknik penggunaan eco driving selama mengemudi akan mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 20 persen. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak positif bagi pengemudi karena bisa mengeluarkan biaya yang lebih rendah. 

Bukan hanya mampu mengurangi biaya bahan bakar, dengan konsumsi bahan bakar yang berkurang juga bermanfaat bagi pengemudi agar tidak bergantung sepenuhnya terhadap bahan bakar fosil.

2. Emisi Jauh Lebih Rendah

Seperti namanya eco driving maka berdampak pula terhadap emisi yang dikeluarkan. Saat ini, penekanan emisi gas buang tengah digencarkan pemerintah terhadap seluruh pengendara Tanah Air. Oleh sebab itu, eco driving mampu mengurangi polutan udara yang memprihatinkan bagi bumi.

Kualitas udara yang buruk bisa menimbulkan penyakit seperti ISPA hingga paru-paru. Sebab eco driving dinilai lebih ramah lingkungan maka bisa meningkatkan kualitas udara.

3. Umur Kendaraan Lebih Panjang

Seperti yang sudah disinggung di atas, eco driving mencangkup mempertahankan kecepatan berkemudi hingga mencegah pengereman yang berlebihan. Dengan demikian, kendaraan bisa terhindar dari keausan sehingga mampu mengurangi perbaikan dan masa pakai akan jauh lebih lama.

4. Aman Berkendara

Teknik berkendara ini memperhatikan beragam aspek selama mengemudikan kendaraan. Selain itu, dukungan fitur keamanan yang mumpuni juga menjadi salah satu yang membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

Mengemudi dengan teknik eco driving akan mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan berkendara secara keseluruhan. 

Ketika ingin menerapkan eco driving, alangkah baiknya gunakan kendaraan yang menunjang penerapan teknik tersebut seperti pengendara bisa memilih mode berkendara, mampu meningkatkan torsi maksimal meski dalam kecepatan rendah, adanya fitur keamanan tambahan, dan masih banyak lagi.