Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, Toyota Dirikan SPKLU Di Beberapa Gerai dan Tol Trans-Jawa

Selasa, 3 Oktober 2023 | 18:36 WIB

News Image SPKLU toyota

Guna membangun ekosistem kendaraan listrik Toyota atau Toyota xEV Ecosystem, PT Toyota Astra Motor (TAM) indonesia berencana menyediakan fasilitas jaringan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dibeberapa gerai Toyota di Indonesai dan di jalur tol Trans-Jawa.

Kehadiran Toyota xEV Ecosystem ini untuk menyokong pertumbuhan kendaraan listrik serta mobilitas kendaraan listrik Batteray Electric Vehicle (BEV) ataupun plug in Hybrids Electric Vehicle (PHEV).Toyota xEV Ecosystem merupakan bagian dari Toyota mobility solution dimana akan disedikan fasilitas pengisian daya 2.2 kW, privelidge charging spot, serta prEVilige parking spot yang lebih mudah diakses, aman dan nyaman yang disiapkan dibeberapa titik di area publik untuk pengguna Toyota.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmy Suwandy dikutip dari Antaranews otomotif (3/10) menyatakan bahwa kehadiran Toyota xEV ecossytem berupa fasilitas Charging Spot untuk kendaraan listrik Toyota dan Lexus jenis BEV dan PHEV gratis di 50 outlet Toyota yang akan bertambah terus hingga 200 titik pada akhir 2023.

Adanya Previlige Charging Spot merupakan fasilitas khusus untuk isi ulang baterai EV khusus milik Toyota. Tempat pengisian daya yang sudah tersedia ada di ASHTA mal kawasan SCBD jakarta selaan, yaitu satu unit Ultra Fast Charger 120 kW dan dua unit ac charger type 27 kW yang bisa digunakan oleh pengguna Toyota secara gartis. Sedangkan Previlige Parking Spot sendiri merupakan tempat parkir khusus untuk kendaraan elektrik dari Toyota.

Rencanya Toyota xEV Ecosystem disiapkan di area publik untuk memudahka penaggan termasuk adanya SPKLU dengan daya cepat di rest area tol Trans-Jawa. Rencananya untuk rest area tol Trans-Jawa akan dilengkapi dengan sistem pengisian DC ultra fast charger UFC daya 120 kW. UFC ini akan terus bertambah infrastrukturnya hingga paling lambat akhir 2025 di seluruh pulau jawa telah terpadasang lima unit UFC.

Direktur pemsaran PT TAM Fumitaka Kawashima dikutip antaranes otmotif (3/10) menjelaskan jika rencana ini merupakan sejalan dengan visi Toyota Enviromental Challenge 2050 dan Net Zero Emisisson 2060 dari pemerintah indonesia. Sehingga Toyota akan terus menambah fasilitas dan lokasi Toyota xEV Ecosystem guna mendukung mobilitas pelanggan dan partisipasi masyakrakat untuk menurunkan emisi karbon.