komparase.com

Inilah Deretan 5 Besar Ponsel Terlaris Di Amerika Utara, iPhone Atau Samsung Juaranya?

Rabu, 4 Oktober 2023 | 02:00 WIB
Iphone dan samsung
Iphone dan samsung

Laporan dari lembaga riset Canalys menunjukan hasil penjualan pasar smartphone di Amerika Utara pada kuartal ke II Q2 2023. Hasil dari laporan ini menunjukan 5 besar vendor smartphone yang merajai penjualan di Amerika Utara. Laporan ini lengkap dengan besaran pangsa pasar, Market Share pertumbuhan tahunan dan jumlah pengiriman ponsel.

Apple merajai penjualan pada kuartal II 2023 lalu, iPhone series berhasil mendominasi setengah pasar ponsel pintar di Amerika Utara, tepatnya Apple mendominasi pasar hingga 54 persen. Nilai ini berkat adanya pengiriman iPhone sepanjang April hingga Juni 2023 sebanyak 14.8 juta unit.

Khusus untuk iPhone jika dibandingkan dengan pertumbuhan tahunan year-on-year sebenarnya justru mengalami penurunan. Total pengiriman iPhone pada kuartal II tahun lalalu justru sebanyak 18.5 juta unit.

Penjualan terbanyak kedua setelah iPhone adalah Samsung. Vendor ponsel asal Korea Selatan ini mampu meraup pangsa pasar hingga 24 persen, bisa dikatakan hampir separuh dari Apple. Pada kuartal ke II tahun 2023, Samsung berhasil mengirimkan 6.6 juta unit Samsung Galaxy pada periode tersebut. Hal ini membuat Samsung menjadi merek ponsel pintar terlaris kedua setelah Apple di Amerika Utara.

Namun secara tahunan year-on-year pada dasarnya pengiriman ponsel Samsung Galaxy mengalami penurunan. Hal ini nampak dari data Samsung turun sebesar 27 persen dibandingkan dengan kuartal ke II tahun lalu yang berhasil mengirimkan ponsel sebanyak 9 juta unit.

Setelah Apple dan Samsung, berurutan merk yang berhasil masuk 5 besar terlaris di Amerika Utara meliputi, Motorala, TCL dan Google. Google masuk dalam peringkat 5 besar merk smartphone di Amerika Utara dan mencetak pertumbuhan pengiriman yang naik sebesar dua digit yakni 59 persen untuk tahun 2023.

Kenaikan ini dipengaruhi oleh pengiriman dari Google Pixel yang naik dari 800.000 unit menjadi 1.2 juta unit pada kuartal ke II tahun 2023. Jika dilihat keseluruhan ada 27.4 juta unit smartphone yang dikirimkan ke Amerika Utara sepanjang kuarta ke II 2023. Angka tersebut sebenarnya juga turun sebesar 22 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 35.4 juta unit ponsel.

Masih menurut Canalys, catatan ini merupakan catatan pengiriman terendah di selama sepuluh tahun terahir di Amerika Utara. Data yang dihimpun Canalys sendiri merupakan data Sell-In yaitu data istilah untuk pengiriman ponsel dari vendor atau produsen ke distributor atau toko ritel bukan ke konsumen akhir atau pembeli.

 

 

Lihat Juga Gadget Samsung

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini