komparase.com

Mengulik Fitur yang Ada di Toyota Avanza 2024

Rabu, 6 Maret 2024 | 12:00 WIB
Toyota Avanza 2024
Toyota Avanza 2024

Hal-hal yang berhubungan Toyota Avanza di mana meliputi fitur selalu menarik untuk dikulik secara detail.

Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi Multi Purpose Vehicle (MPV) yang populer dan banyak diminati oleh konsumen di Indonesia.

Diluncurkan sejak 2003 di Indonesia, popularitas MPV yang dijuluki “mobil sejuta umat” tersebut seperti tidak lekang oleh waktu.

Meskipun saat ini cukup banyak mobil baru hadir di segmen MPV, banyak konsumen di Tanah Air masih lebih memilih Avanza untuk dijadikan kendaraan sehari-hari.

Sejak kehadirannya, mobil ini sudah dikenal sebagai MPV keluarga yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Meski begitu, spesifikasi Avanza terbilang mumpuni. Mobil tersebut juga dapat memuat banyak penumpang hingga tujuh orang yang membuatnya pantas dijadikan mobil keluarga.

Dengan memiliki keunggulan-keunggulan ini, wajar jika Avanza masih menjadi MPV yang banyak diminati.

Toyota Avanza beberapa kali diberikan penyegaran sejak muncul di Indonesia. Terakhir, MPV ini mendapatkan pembaruan pada November 2021 lalu.

Sebagai generasi terbaru, mobil tersebut hadir dengan serangkaian ubahan yang signifikan, mulai dari bagian ekterior, interior, hingga mesin.

Berikut, fitur-fitur yang disematkan pada Avanza terbaru berdasarkan situs web resmi Toyota sebagai berikut.

Dynamic Head Unit

Fitur pertama yang telah disematkan pada Toyota Avanza terbaru yaitu New Dynamic Head Unit berukuran 7 inci (tipe 1.3 E M/T) dan 9 inci (tipe 1.5 G). Dengan kehadiran head unit ini, pengguna bisa mengoperasikan beberapa fitur yang ada di mobilnya.

Head unit tersebut sudah terkoneksi dengan radio, USB, serta bluetooth sehingga pengguna dapat mendengarkan musik kesukaan selama perjalanan.

4’2 TFT MID

Selanjutnya, New 4’2 TFT Multi Information Display (MID) untuk memudahkan pengguna mengetahui berbagai informasi penting di mobil.

Adapun informasi-informasi yang bisa diketahui dari MID ini berikut:

- Range: Jarak tempuh mobil dengan bahan bakar tersisa dalam satuan kilometer (km).

- Average Fuel Consumption (AVG) Fuel: Konsumsi bensin rata-rata selama berkendara dalam satuan km/liter.

- AVG Speed: Kecepatan rata-rata mobil selama digunakan dalam satuan km/jam.

- Odometer: Jarak yang sudah ditempuh mobil sejak awal (nol) dalam satuan kilometer (km).

- Mode berkendara: Terdapat tiga mode berkendara pada mobil Toyota secara umum yakni Eco, Normal, dan Sport.

Sebagai catatan, MID tersebut tersedia di tipe 1.5 G.

Digital AC

Seperti yang sudah diketahui, fitur ini berguna untuk menjamin kesejukan di kabin selama berkendara. New Digital AC sudah tersedia di seluruh tipe Avanza terbaru.

Tilt & Telescopic Steering

Pengemudi Avanza terbaru akan merasa nyaman mengemudikan mobilnya berkat adanya fitur tilt dan teleskopik pada setir kemudi.

Dengan adanya fitur tersebut, pengemudi dapat mengatur posisi setir kemudi mobil secara atas-bawah (tilt) dan kiri-kanan (teleskopik). Fitur tilt dan teleskopik ini tersedia di tipe 1.5 G.

Untuk semakin menjamin kenyamanan berkendara bagi pengemudi, setir kemudi Avanza terbaru juga telah disematkan tombol untuk mengatur fitur-fitur di mobilnya, salah satunya audio.

Illuminating Start/Stop Button

Fitur satu ini memungkinkan pengguna untuk menyalakan mesin mobil tanpa harus merogoh kunci, sehingga memudahkan pengguna menghidupkan dan mematikan mesin tersebut. Fitur tersebut disematkan di tipe 1.5 G.

USB Port and Power Slot

Penumpang Toyota Avanza terbaru tidak perlu khawatir saat daya ponselnya habis di tengah perjalanan. Di baris kedua mobil ini, sudah dilengkapi USB port dan power slot yang bisa penumpang gunakan untuk mengisi daya ponselnya. Keduanya disematkan seluruh tipe mobil tersebut.

Vehicle Stability Control

Adanya Vehicle Stability Control dapat menjamin keselamatan berkendara bagi pengguna Toyota Avanza terbaru. Fitur yang sudah tersedia di semua tipe ini berfungsi untuk mencegah mobil tergelincir saat melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Seatbelt Warning

Keselamatan pengguna Avanza terbaru bisa semakin terjamin dengan adanya fitur ini. Sesuai namanya, Seatbelt Warning berfungsi memberikan peringatan berupa alarm pada pengemudi maupun penumpang jika lupa memasang seatbelt.

Immobilizer

Bagi yang belum tahu, immobilizer merupakan fitur anti maling di mana dapat membuat Avanza terbaru lebih aman dari pencurian. Fitur ini mencegah mesin menyala kecuali menggunakan kunci mobil asli.

Namun, Avanza terbaru tipe 1.3 belum disematkan fitur tersebut.

Rear Parking Sensor

Fitur ini kini bisa dibilang termasuk salah satu fitur penting alias harus ada di setiap mobil. Sebelumnya, Rear Parking Sensor hanya disematkan di mobil mewah.

Fitur tersebut mampu mendeteksi objek yang ada di belakang mobil sehingga dapat mencegah tabrakan dari belakang. Secara umum, sensornya terdapat di bawah bumper mobil. Fitur ini tersedia di Avanza terbaru tipe 1.5 G.

Hill Start Assist

Terakhir, fitur Hill Start Assist (HSA) yang tersedia di seluruh tipe Avanza terbaru. Fitur ini berfungsi mengendalikan mobil agar tidak merosot saat berada di jalan menanjak.

Dengan adanya HSA, pengguna dapat menjaga mobilnya tidak turun ketika ingin kembali melaju di jalan tersebut.

Selain yang sudah disebutkan di atas, Toyota Avanza terbaru juga sudah dilengkapi fitur-fitur keselamatan lain seperti Airbag serta ISOFIX untuk penumpang balita pada semua tipe.

Toyota Avanza terbaru telah disematkan banyak fitur andal dan mumpuni yang dapat menjamin kenyamanan serta keselamatan pengguna selama berkendara. Tak heran jika saat ini, mobil tersebut dibanderol dengan harga agak tinggi.

Berdasarkan situs web resmi Toyota, Avanza terbaru dibanderol mulai dari Rp230 jutaan On The Road (OTR) Jakarta per Februari 2024.

- Toyota Avanza 1.3 E MT Rp237,1 juta

- Toyota Avanza 1.3 E CVT Rp251,8 juta

- Toyota Avanza 1.5 G MT Rp259,8 juta

- Toyota Avanza 1.5 G CVT Rp274,5 juta

Lihat Juga Mobil Toyota

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini