Deretan Mobil Toyota Hybrid Bermesin Garang

Selasa, 27 Februari 2024 | 03:52 WIB

News Image Corolla Cross HEV

PT Toyota Astra Motor (TAM) nampak begitu serius dalam mengembangkan sejumlah kendaraan listrik. Hal itu terlihat dari kehadiran sejumlah produk berbasis elektrifikasi yang diperkenalkan Toyota kepada masyarakat.

President Director PT TAM Hiroyuki Ueda mengatakan kehadiran kendaraan listrik merupakan wujud dari upaya Toyota untuk berkontribusi terhadap penurunan gas emisi karbon.

"Komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) terhadap Mobility for All berkaitan erat dengan dedikasi kami untuk mencapai carbon neutrality. Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai 'musuh' bersama," kata Hiroyuki dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan ada sejumlah mobil berbasis listrik yang telah diperkenalkan oleh Toyota.

"Kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV," tuturnya.

1. Kijang Innova Zenix HEV

Innova Zenix Hybrid EV dibekali mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS 1.987 cc empat silinder Dual VVT-i bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Mesin bensin itu dikawinkan dengan motor listrik berdaya 113 PS dengan torsi maksimal 205,9 Nm. Hasilnya, kolaborasi mesin bensin dan motor listriknya bisa memuntahkan tenaga gabungan hingga 186 PS.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV juga dibalut dengan baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Selain itu, Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengkombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual.

Ada juga uphill dan downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.

2. Yaris Cross HEV

Bergeser ke Toyota Yaris Cross HEV menjadi pendatang baru di Indonesia. Mobil ini dibekali mesin hybrid 1.500 cc. Khusus tipe hybrid, Yaris Cross varian Hybrid EV tersedia dua pilihan yakni 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package.

Toyota Yaris Cross turut dilengkapi pilihan mesin hybrid 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW pada engine dan 59 kW pada motor listrik dengan torsi 121Nm pada engine dan 141 Nm pada motor listrik. Dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS), dapur pacu ini dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan.

3. Corolla Cross HEV

Corolla Cross Hybrid GR-Sport dibekali mesin 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i bertenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 Kgm pada 3.600 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Kombinasi tenaga keduanya disalurkan ke roda depan lewat transmisi CVT yang halus dan responsif.

Mobil tersebut juga memiliki driving mode yang terdiri atas opsi EV untuk berkendara halus tanpa bensin dan zero emission, ECO untuk mengemudi hemat bensin, dan SPORT untuk memaksimalkan seluruh potensi daya yang dimiliki.

4. Vellfire Hybrid

Vellfire hybrid mengusung mesin berkode A25A-FXS 2.5 L dan dipadukan dengan transmisi CVT. Mesin itu memiliki tenaga 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi 236 Nm pada rentang 4.300-4.500 rpm.

Meskipun begitu, mobil tersebut turut mengedepankan khas mewah dan kenyamanan bagi para pemiliknya. Hal itu terlihat dari konfigurasi tempat duduk yang berformasi 2-2-2 dengan desain tempat duduk yang cukup mewah.

5. Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid menggunakan mesin 2.5 L THS 2 dengan Dynamic Force Engine, yang dikembangkan berdasarkan platform TNGA. Camry Hybrid diklaim mampu memberikan efisiensi 24 km/L dan CO2 yang di bawah dari 150g per km, lebih rendah dari kemampuan engine yang lebih kecil sekalipun.

Sedan Toyota yang sudah mengaplikasikan teknologi mesin Hybrid generasi ke-4 yang lebih efisien dan rendah emisi. Mobil ini mengusung mesin berkode A25A-FXS empat silinder segaris berteknologi hybrid dengan kapasitas silinder 2.487 cc.