Alasan Mitsubishi Hentikan Produksi Dan Penjualan Mobil Di China

Jumat, 29 September 2023 | 21:18 WIB

News Image mitsubhisi airtrek china

Mitsubishi motor sebagai pabrikan pembuat mobil asal Jepang ini mengumumkan jika mereka menghentikan seluruh aktivitas produksi dan penjualan mereka di China. Dilaporkan jika perusahaan mengalamai penurunan penjualan dan persaingan yang semakin ketat dengan merk lokal dipasaran China.

Mitsubhi motor di China bekerjasama dengan Guangzhou Automobile Grup (GAC) mereka memuat GAC Mitsubishi Motor China. GAC Mistubishi mmeiliki lokasi pabrik di provinsi Hunan. Yang merupakan satu-satunya pabrik perakitan Mitsubishi di China. Kegiatan produksi pabrik malah sudah berhenti sejak Maret 2023.

Awalnya pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi mobil listrik. Namun sayangnya Mitsubishi tidak memiliki strategi yang tepat guna mengembangkan mobil listrik di China. Walaupaun pada dasarnya GAC juga sudah memasarkan mobil listrik di China.

Saham kepemilikan GAC sendiri 50 persen dari total kepemilikan GAC Mitsubishi motor, sedangkan pihak Mitsubishi motor  memiliki 30 persen saham dan induk perusahana Mistubishi Corp memegang 20 persen saham. Walaupaun begitu GAC Mitsubhisi motor tetap akan menjadi perusahaan tidak akan bubar walalupun Mitsubishi motor menarik semua investasinya.

Terhitung satu jenis mobil listrik yang telah dirilis di China dari Mistubishi yaitu Mitsubishi Airtrek. Namun penjualan untuk Mitsubishi Airtrek ini sangatlah kecil. Tahun lalu Mitsubishi Airtrek hanya terjual 500 unit. Tidak heran jika kemudian akhirnya pihak Mitsubishi menyerah.

China sendiri memiliki banyak sekali pemain lokal untuk mobil listrik. Selain itu dominasi merek besar seperti Tesla turut membuat keruh persaingan pasar mobil listrik di China. Hengkangnya Mitsubishi dari China menjadi sala satu peringatan bagi merk lainya yang masih mekakukan aktivitas mereka di China seperti Honda, Toyota , Nissan dan lain lain.

Untuk pasar Indonesia sendiri Mitsubhisi nampaknya tidak terpengaruh. Di Indonesia bahkan Mitsubhisi masih banyak peminatnya. Seperti seri XForce yang baru saja dirilis kemarin justru mendapatkan sambutan positif dari pasar Indonesia. Dengan elektrifikasi saat ini, Mitsubhisi juga mengeluarkan lini mobil listrik di Indonesia.