Cara Hilangkan Hawa Panas Kabin Mobil Setelah Selesai Parkir Ditempat Yang Panas

Jumat, 29 September 2023 | 04:55 WIB

News Image mobil parkir di luar

Akhir-akhir ini di indonesia dilanda suhu panas. Hampir disemua kota besar di indonesia mengalami panas matahari lebih terik daripada sebelumnya. Tak terkecuali jika anda terpaksa memarkir mobil di luar ruangan. Suhu panasnya masuk kedalam kabin mobil menimbulkan suasana panas yang kurang nyaman.

Tidak hanya itu suhu panas yang masuk ke interior mobil juga bisa menyebabkan beberapa komponen mobil rusak. Mulai dari dasboard mobil yang terlalu panas, cat mobil sendiri akan semakin cepat tua jika terpapar panas matahari berlebihan, dan komponen lain yang bisa rusak akibat paparan panas berlebih.

Suhu panas yang masuk kedalam kabin mobil mempengaruhi kenyamanan pengguna. Solusi untuk mengatasi kabin panas sesaat setelah parkir diluar ruangan adalah dengan cara memaksimalkan blower dan suhu AC mobil. Dalam kondisi optimal mendinginkan kabin mobil membutuhkan waktu lima menit saja.

Selain itu cara yang paling cepat untuk mendinginkan suhu kabin yang terlalu panas adalah dengan membuka jendela terlebih dauhulu usai diparkir. Jadi buka jendela sesaat setelah mobil parkir, kemudian nyalakan AC , besarkan anginnya dan stel dalam temperatur maksimum. Arahkan angin ke bagian bawah kaki, pastikan jendela masih terbuka sedikit.

Saat mobil mulai bergerak, kondensor yang ada di depan radiator akan terpapar udara segar sehingga proses pendinginan mobil lebih maksimal dan cepat. Jendela bisa dibuka hingga 5 menit. Hal ini untuk membuang panas udara yang terperangkap didalam kabin mobil.

Lalu bagaimana caranya agar mobil tetap adem walaupun diparkir di luar ruangan? Caraya, anda dapat menggunakan tirai penutup kaca depan untuk mengurangi panas matahari masuk melalui kaca depan.

Jika mobil dilengkapi dnegan visor samping atau talang air pada bagian pintu bisa dibuka sedikit kaca mobilnya. Namun jangan terlalu lebar juga saat membuka agar terhindar dari perilaku kriminal kendaraan yang membuka pintu secara paksa.

Menggunakan sarung mobil atau cover mobil juga cukup membantu sebagai solusi untuk menjaga mobil dari paparan sinar matahari langsung. Pastikan anda menggunakan pelindung mobil atau cover mobil yang bahanya mengandung anti UV atau memiliki perlindungan terhadap sinar UV bukan bahan sembarangan.