komparase.com

Honda Akan Perkenalkan O Series Sebagai Kendaraan Listrik Masa Depan

Selasa, 30 Januari 2024 | 17:00 WIB
Honda 0 Series
Honda 0 Series

Honda belum lama ini mengumumkan “Honda 0 Series,” seri EV global baru yang akan diluncurkan pada tahun 2026 mendatang, diwakili oleh peluncuran perdana dua model konsep, Saloon dan Space-Hub, di CES 2024. Pada tahun 2026, Honda akan memperkenalkan model Honda Seri 0 berdasarkan konsep Saloon di Amerika Utara, diikuti dengan pengenalan model di Jepang, Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan. Informasi lebih lanjut tersedia di Website Honda 0 Series.

Honda juga meluncurkan logo "H" terbarunya yang akan digunakan secara eksklusif untuk model EV generasi berikutnya.

“Mobilitas yang kami impikan bukanlah perpanjangan dari tren kendaraan listrik yang 'tebal, berat, namun cerdas',” kata Toshihiro Mibe, CEO Global Honda, seperti dikutip dari Hondanews. 

“Kami akan menciptakan nilai yang benar-benar baru dari nol berdasarkan ketipisan, ringan, dan bijaksana sebagai fondasi seri baru Honda 0 EV kami untuk semakin meningkatkan kegembiraan dan kebebasan mobilitas ke tingkat berikutnya.” Lanjutnya.

Debut Global Dua Model Konsep EV Honda meluncurkan dua model konsep elektrifikasi di CES 2024: Saloon dan Space-Hub. Kedua model tersebut dikembangkan menggunakan pendekatan desain dan teknik elektrifikasi baru Honda yang akan debut dengan diperkenalkannya Honda 0 Series.

“Kami telah kembali ke dasar dan memformulasikan Honda 0 Series dengan desain untuk era baru,” kata Shinji Aoyama, Global EVP Honda. “Proporsi yang berani dan murni yang sekilas terlihat sangat berbeda dari kendaraan listrik lainnya untuk membangkitkan perspektif baru bagi masyarakat.”

Saloon

The Saloon merupakan model konsep andalan Honda 0 Series. Berada di platform EV khusus, Saloon menghadirkan konsep pengemasan maksimum manusia/minimum mesin Honda “M/M *1 " dengan eksterior rendah dan lebar ditambah dengan interior yang sangat luas. Bahan ramah lingkungan digunakan di seluruh eksterior dan interior. Di dalam, panel instrumen dilengkapi antarmuka manusia-mesin (HMI) yang memungkinkan pengoperasian sederhana dan intuitif.Dengan visibilitas luar biasa dan posisi berkendara yang sporty, Saloon menjanjikan pengalaman tak tertandingi yang benar-benar menghubungkan pengemudi dengan kendaraan.

Selain desain eksterior dan interior baru, Saloon juga memperkenalkan kemajuan sistem manajemen kontrol gerak dan steer-by-wire baru. Memanfaatkan keahlian perusahaan selama puluhan tahun di bidang robotika, Saloon dilengkapi kontrol postur yang akan membantu pengemudi dalam berbagai situasi berkendara untuk mewujudkan “kegembiraan berkendara” di era EV.

Kendaraan ini rencananya akan diproduksi berdasarkan konsep Saloon diperkirakan akan memasuki pasar Amerika Utara pada tahun 2026.

Space-Hub

Space-Hub dikembangkan dengan tema “meningkatkan kehidupan sehari-hari masyarakat.” Mewujudkan kabin yang luas dan jarak pandang yang sangat baik berdasarkan pendekatan pengembangan “Tipis, Ringan, dan Bijaksana”, Space-Hub menawarkan ruang fleksibel yang langsung dapat menampung berbagai penumpang dan menjadi “hub” yang menghubungkan orang satu sama lain dan orang-orang. dunia luar.

Tanda “H” Baru Honda untuk Kendaraan Listrik

Tanda “H” Honda saat ini memiliki sejarah yang panjang, dimulai pada tahun 1981. Dalam peluncuran kendaraan listrik generasi berikutnya, Honda merancang tanda H baru, untuk mengekspresikan tekad perusahaan dalam menjalani masa bersejarah. transformasi serta kemampuan untuk terus mengejar tantangan dan kemajuan baru. Ekspresi desain baru yang melambangkan dua tangan terulur ini mewakili komitmen Honda untuk memperluas kemungkinan mobilitas dan terus memenuhi kebutuhan pelanggannya. Tanda H baru akan diterapkan pada model Honda EV masa depan, termasuk Honda 0 Series.

Pengenalan New Honda 0 Series

Selain dua model konsepnya, Saloon dan Space-Hub, Honda mengumumkan pengenalan seri EV global baru yang diberi nama Honda 0 Series. Melambangkan arah baru perusahaan yang berani dan mengambil pendekatan baru terhadap desain dan teknik (“mulai dari awal”), model pertama akan hadir di pasar Amerika Utara mulai tahun 2026.

Honda Seri 0 mewakili pendekatan baru dalam pengembangan kendaraan listrik, yang digariskan oleh tiga prinsip inti: Tipis, Ringan, dan Bijaksana. Prinsip-prinsip ini melawan batasan tradisional kendaraan listrik baterai sambil membangun filosofi teknik Honda yang sudah lama ada seperti “M/M” man maksimum/machine minimum. Prinsip-prinsip ini akan tercermin dalam bidang-bidang utama seperti penggunaan platform kendaraan listrik “tipis” khusus yang menciptakan landasan rendah untuk kinerja aerodinamis dan produk mobilitas yang ditentukan perangkat lunak untuk pengalaman pengguna yang “lebih bijaksana” dan cerdas

Selain itu, Honda Seri 0 akan memperkenalkan kemajuan baru dalam desain, pengendaraan otomatis, teknologi terhubung, kinerja, dan efisiensi baterai.

Model Desain Artistik Harmonis dalam seri ini akan menampilkan filosofi desain baru yang disebut “The Art of Resonance” yang menyatukan lingkungan, masyarakat, dan pengguna secara harmonis. Hal ini mencakup penggunaan material ramah lingkungan dan membangkitkan emosi melalui desain.

Penerapan ADAS dan Fitur Mengemudi Otomatis

Honda 0 Series akan menampilkan ADAS (sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut) yang memanfaatkan teknologi yang ditemukan pada Honda SENSING Elite, yang pertama kali diterapkan pada tahun 2021 dengan Honda Legend di Jepang.

Selain itu, pada paruh kedua tahun 2020-an, model Honda Seri 0 akan dilengkapi dengan fitur AD (pengemudi otomatis) generasi berikutnya, termasuk ketersediaan model EV yang lebih terjangkau untuk memperkenalkan sistem AD dalam skala yang lebih luas.

Sistem AD generasi berikutnya sedang dikembangkan berdasarkan konsep keselamatan Honda yang “berpusat pada manusia”. Ini akan menampilkan teknologi AI, penginderaan, pengenalan, dan pemantauan pengemudi yang canggih untuk mencapai prediksi risiko yang lebih mirip manusia, alami, dan presisi tinggi, sehingga memungkinkan untuk menawarkan fitur-fitur AD yang dapat membuat orang merasa aman dan percaya diri saat menggunakannya. Sistem AD yang canggih ini akan memperluas penerapan beberapa fungsi lepas tangan untuk digunakan di jalan tol dan jalan permukaan.  

Connected Technologies

Honda sedang mengembangkan sistem operasi asli untuk model Honda 0 Series. Memanfaatkan AI dan data pengemudi, kendaraan akan mempelajari preferensi pengguna serta perilaku dan kecenderungan saat mengemudi, memungkinkan kendaraan memberikan saran untuk meningkatkan pengalaman kepemilikan. Selain itu, kendaraan akan memberikan informasi tentang area sekitar, dan panduan rute tambahan untuk “last mile” menuju tujuan, untuk membantu pengguna setelah mereka tiba dan meninggalkan kendaraannya. Kendaraan akan terus menawarkan nilai baru karena lebih memahami perilaku pengguna. Semakin banyak orang menggunakan kendaraannya, semakin bermanfaat pula pengalaman kepemilikannya, sehingga menambah “kesenangan dalam terhubung”.

Peningkatan Performa Aerodinamika

Honda akan memanfaatkan teknologi elektrifikasi dan performa eksklusif untuk menawarkan pengalaman berkendara sporty dengan model Honda 0 Series. Memanfaatkan pengalaman olahraga motor selama bertahun-tahun, termasuk balap Formula 1, model ini akan menampilkan teknologi aerodinamis canggih yang akan menghadirkan tingkat performa baru untuk kendaraan listrik.

Tingkat Efisiensi Baterai Baru Berdasarkan pengalaman puluhan tahun mengembangkan kendaraan hibrida dan produk listrik lainnya, Honda berfokus pada pengembangan kendaraan listrik yang sangat efisien. Model Honda Seri 0 akan menampilkan e-Axles *2 yang menghasilkan tenaga dan efisiensi luar biasa serta kemasan yang ringan. Model Honda Seri 0 akan menampilkan baterai berdensitas tinggi yang menawarkan jangkauan luas sekaligus meminimalkan ukuran baterai.

Untuk mengatasi kekhawatiran tentang “waktu pengisian daya” dan “penurunan daya baterai,” model Honda Seri 0 akan menawarkan pengisian daya bebas stres dan kinerja baterai yang meminimalkan penurunan kualitas seiring waktu. Untuk model Honda Seri 0 yang diluncurkan pada akhir tahun 2020-an, pengisian cepat dari kapasitas baterai 15% menjadi 80% akan dipersingkat menjadi sekitar 10-15 menit. Sementara itu, dengan menerapkan teknologi kontrol sistem baterai, Honda menargetkan penurunan kapasitas baterai bisa diminimalisir hingga kurang dari 10% setelah 10 tahun penggunaan.

Lihat Juga Mobil Honda

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini