komparase.com

Bakal Ada Tombol Khusus di AI di Keyboard Windows

Senin, 8 Januari 2024 | 09:00 WIB
Windows. (Microsoft)
Windows. (Microsoft)

Microsoft menambahkan tombol khusus artificial intelligence (AI) yang dapat mengakses cepat chatbot Copilot pada keyboard Windows.

Jika tombol Windows bisa membuka menu Start dengan cepat, tombol Copilot bisa langsung memanggil asisten AI Microsoft untuk menjalankan perintah pengguna. Hal ini diungkap Executive Vice President & Consumer Chief Marketing Office Microsoft Yusuf Mehdi dalam keterangan resminya, Jumat, 5 Januari 2024 kemarin, seperti dilansir Detik Inet.

"Tombol Copilot akan bergabung dengan tombol Windows sebagai bagian inti dari keyboard PC dan ketika ditekan. Tombol baru ini akan menghadirkan pengalaman Copilot di Windows untuk memudahkan Anda menggunakan Copilot dalam kehidupan sehari-hari," jelas Yusuf. 

Menurut dia, dengan adanya pengenalan tombol khusus tersebut, menjadi pertanda adanya perubahan signifikan dalam hampir tiga dekade belakangan untuk keyborad PC Windows

Dia mengatakan, tombol Copilot ini akan menggantikan tombol Ctrl di sebelah kanan. 

"Jika dilihat dari visual yang dibagikan oleh Microsoft, tombol Copilot ini akan menggantikan tombol Ctrl di sebelah kanan. Jadi tombol ini akan diposisikan di antara tombol Alt dan tombol arah kiri," kata Yusuf. 

Tombol Copilot belum akan tersedia di seluruh dunia. Di beberapa negara yang belum tersedia layanan ini, tombol Copilot akan membuka Windows Search. Saat ini, pengguna Windows 11 bisa memanggil Copilot dengan menekan tombol Windows+C.

Lantas, vendor PC dan laptop apa saja yang akan mengintegrasikan tombol khusus ini diperangkatnya?

Semuanya akan terjawab di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang bakal berlangsung bulan ini. 

Untuk diketahui, belakangan ini Microsoft sedang gencar memperluas layanan Copilot -- yang sebelumnya bernama Bing Chat -- ke lebih banyak perangkat. Saat ini Copilot sudah tersedia di Windows 11, Windows 10, web, serta aplikasi untuk Android dan iOS.

Lihat Juga Gadget Ai

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini