komparase.com

Android 14 Bakal Punya Fitur yang Tampilkan Kesehatan Baterai Lho

Senin, 25 Desember 2023 | 19:00 WIB
deretan ponsel android
deretan ponsel android

Google dikabarkan bakal menghadirkan fitur baru pada smartphone Android. Fitur baru di Android 14 ini mampu memberikan informasi soal baterai perangkat.

Berbeda dengan pengguna iPhone yang sudah lama bisa melihat statistik kesehatan baterai ponselnya dari pengaturan, pemilik Android memerlukan aplikasi pihak ketiga atau harus memasukkan kode perintah khusus untuk memeriksa kesehatan baterainya.

Kehadiran fitur ini terungkap dari laporan pakar Android, Mishaal Rahman. 

Sesuai tujuannya, fitur ini akan memberitahu pengguna apabila HP Android mengalami penurunan baterai.

The Verge menyebut, fitur Pixel Feature Drop di Android 14 sebenarnya telah menyertakan informasi baterai, seperti tanggal pembuatan baterai dan jumlah siklusnya.

Nah, di Android 14 QPR2 Beta 2, Google menambahkan halaman kesehatan baterai atau battery health yang bisa menampilkan informasi soal perkiraan persentase pengisian daya saat ini dibandingkan kala perangkat masih baru.

"Android 14 QPR2 Beta 2 menambahkan halaman 'kesehatan baterai' yang tersembunyi," kata Rahman

Meskipun halaman tersebut belum menyertakan pengukur kesehatan baterai yang sebenarnya, kode tersebut menunjukkan informasi seperti perkiraan persentase pengisian daya baterai saat ini.

Dalam laporannya, Rahman juga menyebutkan ada ikon untuk menujukkan apasitas baterai berkurang atau tidak terdeteksi. Kemudian, aplikasi Settings atau Pengaturan akan mengirimkan tips ketika ada update tentang kesehatan baterai. 

Lihat Juga Gadget 14

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini