komparase.com

5 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Merusak Smartphone Anda

Selasa, 19 September 2023 | 02:00 WIB
hindari kebiasaan buruk terhadap smartphone agar ponsel tetap awet
hindari kebiasaan buruk terhadap smartphone agar ponsel tetap awet

Perangkat elektronik seperti smartphone akan rentan rusak jika pemakaianya tidak terawat dengan baik. Kerusakan yang timbul tidak hanya karena hardware yang sudah rusak namun kadang tidak disengaja software atau bagian sistem operasi dari ponsel tersebut yang bermasalah.

Kerusakan tersebut kadang dipicu oleh kebiasaan sepele yang tidak kita sadari. Biasanya karena abai dalam hal pemakaian sehingga memperburuk kondisi smartphone. 5 hal ini merupakan kebiasaan buruk dalam menggunakan smartphone yang harus di hindari agar smartphone awet.

1.       Asal instal aplikasi

Banyak aplikasi yang bertebaran pada playstore membuat kita abai untuk mmeriksa keamana aplikasi tersebut. Sama halnya dengan komputer, martphone juga rawan ujntuk disusupi virus atau malware. Sebaiknya selalu pasang aplikasi dari toko resmi bawaan dari smartphone itu sendiri. Sebagai keamanan tambahan anda dapat memasang antivirus

2.       Memotret di dalam air

Jangan terlalu senang memotret didalma air meski ponsel anda memiliki rating sertifikasi IP67. Jika and aterlalu sering menggunakan ponsel untuk memotret didalam air bisa jadi hal ini mmebuat smartphone anda mudah rusak tanpa disadari.

Rating IP67 atau IP68 diberikan untuk keadaan dimana air yang digunakan terkontrol atau dalam keadaan diam. Bukan air yang bergerak. Tentu akan sangat berbeda ketika dilapangan. Apalagi digunakan untuk memotret di sungai atau ditempat berair yang bergerak lainya.

3.       Terlalu sering mengurasi isi baterai

Kebiasaan ini paling sering tidak disadari. Mengisi daya baterai sata baterai dlama kondisi nol persen. Jangan sampai membiarkan ponsel mati atau di isi baterai kurang dari 30 persen kapasitas baterai. Hal ini sangat dianjurkan karena chemical aging baterai ponsel umumnya paling cepat rusak kerika voltase internalnya berada pad titik yang paling rendah saat baterai kosong atau paling tinggi saat baterai penuh.

4.       Tidak memakai pelindung ponsel

Siapa sangka casing smartphone memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bentuknya yang beragam dan menambah keindahan smartphone ternyata casing smartphone memiliki manfaat yang baik untuk daya tahan smartphone. Gunakan pelindung layar atau screen protektor untuk melndungi layar smartphone dari goresan. Tidak hanya itu pakaian casing hardcase ataupun softcase untuk menjaga ponsel dari benturan.

5.       Pakai charger abal-abal

Memakai charger bukan aasli produk dari merk smartphone yang anda gunakan adalah kebiasaan buruk yang banyak sekali orang lakukan. Mungkin anda mengira asalkan tegangan sama atau asalkan tipe charger sama dapat digunakan.

Namun sayangnya kualitas charger yang tidak sesuai dengan merek asli smartphone tentu akan mempengaruhi kualitas daya listrik yang diterima. Biasanya hal ini akan mengakibatkan baterai cepat bocor alias habis bahkan dpaat merusak hardware baik sambungan ataupun bagian lain dari baterai ponsel anda.

Lihat Juga Mobil Hp

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini