Alasan Chery Belum Fokus Mengembangkan Mobil Listrik di Indonesia

Senin, 20 November 2023 | 07:33 WIB

News Image Chery Omoda 5

Chery sejauh ini baru mengenalkan Omoda 5 ke Tanah Air. Mobil listrik tersebut dikabarkan akan meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 mendatang. Kendati demikian, Chery tidak hanya fokus pada kendaraan listrik melainkan semua jenis kendaraan.

Hal ini selaras dengan yang diungkapkan oleh Vice Presiden PT Chery Sales Indonesia (CSI) Harry Kamora ketika meluncurkan dealer terbaru di Chery Hasyim Ashari pada Jumat, 17 November 2023. Dalam kesempatan tersebut, Harry menerangkan bahwa perusahaan tidak memproduksi secara khusus mobil listrik di China karena banyak konsumen yang masih menyukai kendaraan jenis lain.

"Di negara asalnya (China), Chery tetap mengembangkan tiga platform engine yakni ICE, EV, dan Plug-in Hybrid," ujar Harry Kamora dilansir Komparase pada Senin, 20 November 2023.

Harry menambahkan bahwa banyak pelanggan di Tiongkok lebih memilih untuk menggunakan mobil plug-in hybrid (PHEV) dan Internal Combustion Engine (ICE). Mobil listrik justru menempati posisi ketiga sebagai kendaraan yang paling banyak diminati pelanggan di negeri Tirai Bambu tersebut.

"Mobil ICE justru kedua dan baru mobil listrik. ICE itu tetap bahkan bisa menyumbang pasar 25-30 persen dari total market di China," imbuh Harry.

Merujuk dari segmen pasar China di mana mobil listrik belum banyak diminati, Chery juga turut mengadopsinya di Indonesia. Oleh sebab itu, Chery tidak terburu-buru untuk mengeluarkan mobil listrik dalam jumlah banyak meski minat kendaraan bertenaga listrik saat ini terus mengalami peningkatan.

Sebelum mendatangkan mobil listrik ke setiap negara, Chery rupanya tengah mempersiapkan komponen pendukung guna konsumen tidak kesulitan selama mengendarai kendaraan listrik. Di antara komponen pendukung yang sedang dipersiapkan adalah charging station yang nantinya dipasang di setiap dealer resmi Chery.

“Saat ini kita sedang persiapkan untuk menyediakan fasilitas charging station dan sudah berjalan di pertengahan November-Desember. Jadi masih ada waktu untuk menyediakan charging station di Jabodetabek terlebih dahulu,” lanjutnya.

Menurut Setia Hariadi selaku Senior Sales Manager PT CSI, charging station akan berdiri di jaringan diler yang terletak di bagian depan lahan parkir. Charging yang digunakan adalah fast charging DC yang memiliki waktu pengisian daya yang cepat. 

Rupanya tidak semua diler Chery akan mendapatkan pemasangan charging station kendaraan listrik. Diler yang bakal terpenuhi untuk pemasangan charging station adalah siap secara 3S yakni Sales, Service, dan Spare Parts.

Menuru Vice President Chery International mengatakan Chery Omoda 5 EV rencananya akan dirakit alias Completely Konocked Down (CKD) di Indonesia. Chery diduga akan bekerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor untuk merakit mobil listrik tersebut.

Chery Omoda 5 EV dibekali baterai berkapasaitas 15 kWh yang bisa menempuh jarak hingga 450 km ketika daya baterai terisi penuh. Di sisi lain, Chery turut menyematkan fitur keselamatan yang canggih, hal ini dibuktikan dengan tembusnya sertifikasi keamanan bintang (5) E-NCAP untuk pasar otomotif Eropa dan A-NCAP untuk pasar di luar Eropa.