5 Fakta Menarik Wuling Binguo EV, Resmi Dikenalkan ke Indonesia

Kamis, 16 November 2023 | 10:06 WIB

News Image Wuling Binguo EV

PT Wuling Motor Indonesia resmi mengenalkan mobil listrik keduanya, Binguo EV saat acara pre-launched yang digelar di Summarecon Mall Serpong, Kamis, 16 November 2023. Kendaraan ini menarik perhatian publik setelah ramai dipamerkan di PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 pada Mei lalu.

Berbeda dengan Air EV, Wuling Binguo EV memiliki desain mungil namun lebih bulat. Bahkan Binguo EV memiliki dimensi yang lebih besar untuk empat penumpang. Berikut fakta-fakta menarik Wuling Binguo EV. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Makna Nama Binguo EV

Sebelum resmi dikenalkan sebagai mobil listrik di Indonesia, Wuling Binguo EV sudah dikenal terlebih dahulu dengan nama Bingo. Nama Bingo mengacu pada kendaraan Wuling ini dipasarkan di China.

Menurut Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani menjelaskan bahwa nama ‘Binguo’ diambil dari dua kata dalam bahasa Mandarin yakni ‘bin’ dan ‘guo’. Kata ‘bin’ memiliki arti ‘banyak’ sementara ‘guo’ artinya adalah hasil.

Dengan nama tersebut, Wuling berharap Binguo bisa menyalurkan perasaan senang bagi pengendara melalui pengalaman berkendara selama di jalanan. Dalam bahasa Inggris, Binguo EV dibaca dengan Binggo

2. Baterai Diklaim Aman

Baterai yang digunakan masih mengadopsi dari Binguo versi China yakni lithium iron phosphate (LFP). Namun, kapasitas baterai yang ditawarkan berbeda dan ukuranya lebih besar di Indonesia. Binguo EV mengandalkan baterai 31,9 kWh dan 37,9 kWh. Untuk pengisian daya, Wuling Binguo EV bisa dilakukan di SPKLU maupun di rumah.

Menariknya, baterai ini sudah bersertifiasi IP67 serta lulus dari beragam pengujian demi keamanan berkendara. Seperti yang diketahui, sertifikat IP67 artinya membuat perangkat tahan dalam air dalam waktu 30 menit dan tahan terhadap debu.

Selain itu, Wuling juga memberikan kemudahan selama pengisian daya. Sebab untuk sekali pengisian daya secara manual hanya membutuhkan waktu 9,5 jam. Namun jika menggunakan pengisian daya cepat DC dari 0-80 persen hanya membutuhkan waktu 30 menit.

3. Jarak Tempuh Lebih Jauh dari Air EV 

Menggunakan kapasitas mesin yang berbeda dengan yang dikeluarkan di China, Wuling Binguo EV rupanya memiliki jarak tempuh yang sama. Untuk versi terendah yakni 31,9 kWh mampu menempuh jarak hingga 333 km, sementara 410 km untuk Wuling Binguo EV varian tertinggi.

Wuling Binguo EV menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengendarai mobil listrik yang lebih kencang dibanding Air EV. Pasalnya, Air EV untuk versi tertinggi yakni Long Range mengandalkan baterai berkapasitas 26,7 kWh. Ketika daya baterai ini terisi penuh maka bisa melaju dengan jarak tempuh 300 km.

4. Kabin yang Lega

Wuling Binguo EV hadir dengan dimensi kendaraan yang lebih lega. Sebab kendaraan ini memiliki panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, dan tinggi 1.580 mm. Wuling Binguo didesain dengan empat pintu dengan empat bangku di dalamnya. 

Berdasarkan Wuling Binguo versi China, interior Binguo EV juga tidak kalah menarik. Mobil ini dilengkapi dengan layar instrumen digital dan layar utama berukuran 10,25 inci. Gaya semakin futuristik karena dilengkapi dengan Voice Recognition System.

5. Harga 

Meski sudah dikenalkan ke masyarakat Indonesia, Wuling belum memberikan informasi terkait harga resmi Binguo EV.  Namun, berdasarkan sales di lokasi acara membocorkan bahwa harga Wuling Binguo berkisaran Rp 350 juta hingga Rp 450 jutaan.

Harga ini jauh dari dugaan awal setelah memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Pasalnya, Wuling Binguo EV diduga bakal dibanderol mulai dari Rp 182 juta hingga Rp 260 juta. Belum diketahui, apakah harga bocoran Wuling Binguo EV di atas sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah atau belum.

Di sisi lain, bagi konsumen yang akan membeli Wuling Binguo EV untuk varian 410 km akan mendapatkan lifetime core EV Component Warranty yang terdiri dari Power Battery, Drive Motor, dan Motor Control Unit.

Sedangkan untuk pembelian varian 333 km, konsumen juga mendapatkan keuntungan lainnya yakni AC Charging Device dan aksesoris. Kemudian untuk 1.000 konsumen pertama Binguo EV 410 km selama periode pre-book akan mendapatkan Program Electric Icon Priority senilai Rp 47 juta.

Demikian fakta-fakta menarik tentang Wuling Binguo EV yang baru saja resmi dikenalkan ke Indonesia. Setelah melihat beberapa fakta di atas, apakah tertarik untuk membeli Wuling Binguo EV?