4 Tips Menjaga Oli Mesin Agar Tidak Mudah Habis karena Cuaca Panas

Selasa, 14 November 2023 | 09:34 WIB

News Image Ilustrasi Cek Oli Mesin

Cuaca panas berkepanjangan cukup mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Pasalnya kendaraan terkena imbas ketika suhu permukaan bumi sangat tinggi, di antaranya oli mesin yang mudah menguap. Hal ini dikarenakan radiator tidak bekerja maksimal dan suhu ruang mesin meningkat karena tidak mampu melepaskan panas. 

Alhasil mesin akan menjadi lebih encer dan memungkinkan masuk ke ruang bakar. Di sisi lain, oli cepat habis dikarenakan beberapa faktor seperti seal rusak hingga kualitas oli yang tidak bagus. Agar oli mesin tidak cepat berkurang, apa saja yang harus dilakukan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Ganti Seal Mesin yang Rusak

Melansir dari situs Suzuki, salah satu penyebab oli mesin cepat habis lainnya adalah seal mesin yang rusak. Oleh sebab itu, ganti seal lama dengan yang baru sehingga performa kendaraan semakin baik.

Seal sangat penting bagi mesin karena bertujuan agar oli tidak bocor dan masuk ke ruang pembakaran mesin. Jika seal robek atau bahkan mengeras, segera ganti seal tersebut.

2. Ganti Ring Seher

Ring Seher berfungsi untuk menahan agar oli tidak masuk ke piston saat terjadi proses pembakaran. Ring seher semakin lama tidak bekerja optimal seiring dengan lamanya pemakaian.

Ring seher yang rusak ditandai dengan munculnya asap putih yang keluar dari knalpot. Jika tidak segera diganti, pembakaran mesin semakin terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengendara lain.

3. Cek Rutin Bagian Mesin

Apabila sudah muncul gejala oli mesin berkurang cukup cepat, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan. Alangkah baiknya rutin mengecek mesin serta tidak terlambat mengganti oli.

Dengan melakukan pengecekan secara rutin maka akan ketahuan komponen apa saja yang bermasalah. Terlebih jika terjadi deposit kotoran pada ruang pembakaran mesin karena oli masuk dikarenakan terlalu encer.

4. Gunakan Oli Berkualitas

Tidak semua jenis kendaraan menggunakan oli yang sama. Untuk kendaraan matik, biasanya tersedia oli khusus sesuai dengan manfaat yang diberikan. Oli yang sesuai serta berkualitas bagus memiliki ketahanan yang baik terhadap panas sehingga oli tidak akan mudah menguap di saat cuaca panas berkepanjangan.

Dengan penggunaan oli yang bagus, secara tidak langsung Anda menjaga mesin kendaraan dengan baik. Pasalnya, oli berkualitas bagus tidak mudah cepat panas sehingga ketika oli melumasi mesin membuat mesin tidak cepat rusak dan aus.

Guna menjaga kualitas oli, alangkah baiknya ganti secara rutin meski belum habis. Takaran standar mengganti oli mesin pada mobil adalah setiap 6 bulan sekali atau sudah mencapai 10.000 km.