Mobil Listrik Ini Tawarkan Diskon Paling Tinggi pada November 2023, Capai Rp 80 Juta

Senin, 13 November 2023 | 13:40 WIB

News Image Hyundai IONIQ 5

Mobil listrik berkemvang secara masif di Indonesia. Terlebih digelarnya pameran otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show(GIIAS) dan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) sebagai ajang produsen mobil mengenalkan kendaraan listrik mereka.

Bukan hanya semakin banyak produsen otomotif yang menghadirkan kendaraan listrik, rupanya konsumen terhadap jenis mobil ini juga meningkat. Kendaraan listrik dengan penjualan listrik masih dipegang oleh Hyundai IONIQ 5 yang terjual sebanyak 3.877 unit sepanjang Januari-Agustus 2023 

Menariknya, pemerintah juga memberikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebanyak 10 persen. Langkah ini diambil pemerintah guna meningkatkan daya beli masyarakat Indonesia terhadap mobil listrik.

Hyundai IONIQ 5 sebagai mobil listrik terlaris di Tanah Air menjadi kendaraan yang paling banyak memberikan potongan harga. Selain PPN, Hyundai juga memberikan diskon tambahan lain. Seperti pada IONIQ untuk tipe tertingginya, Signature Long Range.

Hyundai IONIQ 5 Signature Long Range yang dipasarkan di Jogja maka konsumen akan mendapatkan diskon sebanyak Rp 70 juta ditambah Rp 10 juta, artinya total potongan harga yang didapatkan adalah 80 persen. Bukan hanya itu saja, konsumen jug bakal mendapatkan free wall charging senilai Rp 45 juta.

Sementara di Bandung, konsumen juga bakal mendapatkan diskon khusus untuk setiap pembelian IONIQ 5 yang sudah dilengkapi dengan Bluelink.

“PPN total diskon Rp 75 juta tambah diskon Rp 10 juta, dan kalau pakai Tokopedia ada diskon lagi,” ujar wiraniaga dilansir Komparase pada Senin, 13 November 2023. 

Untuk pembelian melalui Tokopedia, konsumen akan mendapatkan cashback sebesar Rp 7,5 juta. Selain itu, konsumen juga berhak mendapatkan voucher diskon asuransi serta voucher coating bodi kendaraan.

Baik pembelian secara cash maupun kredit melalui Tokopedia, konsumen akan mendapatkan wallmount charga senilai Rp 30 juta secara gratis. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian Hyundai IONIQ 5 tahun ini.

Selain Hyundai IONIQ 5, potongan harga juga berlaku untuk Toyota bZ4X. Mobil seharga Rp 1,19 miliar (OTR Jakarta) ini mendapatkan PPN 10 persen namun tidak ada diskon tambahan lain. Namun, setiap pembelian mobil listrik Toyota ini secara kredit maka konsumen akan mendapatkan asuransi all risk.

Wuling Air EV juga tidak kalah untuk menarik penjualan dengan menawarkan diskon khusus. Untuk versi tertinggi, Wuling Air EV mendapatkan PPN 10 persen. Seperti yang diketahui, Wuling Air EV Long Range dibanderol seharga Rp 306 juta (OTR Jogja). Sebab mendapatkan PPN 10 persen maka dipotong sebesar Rp 36 juta menjadi Rp 270 juta.

Tidak berhenti begitu saja, ada promo tambahan lainnya setiap pembelian Wuling Air EV bonus emas satu gram dan undian e-money senilai Rp 250 ribu hingga 3 juta.

Wuling Air EV menduduki posisi kedua setelah Hyundai IONIQ 5 sepanjang Januari-Oktober 2023. Pasalnya kendaraan ini mampu terjual sebanyak 2.121 unit. Hingga saat ini, populari Wuling Air EV di Indonesia sebanyak 11.000 unit.