4 Tips Merawat Cat Mobil Agar Selalu Mengkilap Ala Daihatsu

Jumat, 10 November 2023 | 23:02 WIB

News Image Ilustrasi Coating Mobil

Cat pada mobil bukan sekadar meningkatkan estetik saja melainkan juga melindungi kendaraan dari benda langsung. Dalam kondisi tertentu, tingkat warna atau kilap cat akan memudar atau bahkan sampai mengelupas maka diperlukan perawatan khusus.

Terkait hal ini, Astra Daihatsu Motor (ADM) membagikan tips merawat cat mobil saat kegiatan "Daihatsu Club Painting Quality Workshop" yang digelar di PT Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta, seperti dilansir dari ANTARA. Lantas apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Letakkan Mobil di Garasi

Daihatsu menyarankan untuk menjaga tampilan mobil maka perlu disimpan di dalam garasi. Hal ini bisa melindungi lapisan cat dari faktor eksternal seperti sinar matahari, hujan, kotoran hewan, getah pohon, hingga penyebab lainnya.

Namun, bagi yang tidak memiliki area khusus untuk garasi maka bisa menutupi kendaraan dengan penutup khusus yang dirancang untuk melindungi kendaraan. 

2. Cuci Mobil Secara Rutin

Mencuci mobil bukan sekadar membersihkan kotoran dari permukaan mobil. Debu atau kotoran lain seperti kotoran burung bisa mempengaruhi tingkat warna cat jika dibiarkan begitu lama. Oleh sebab itu, mencuci mobil adalah langkah yang penting. Disarankan untuk mencuci kendaraan sekurangnya satu kali dalam seminggu

Anda bisa mencucinya sendiri dengan air bersih, sampo khusus untuk kendaraan, serta lakukan di tempat yang teduh. 

3. Periksa Cat Mobil Secara Berkala

Bukan hanya mesin atau bagian interior saja yang perlu diperhatikan melainkan juga cat bodi kendaraan. Pastikan permukaan mobil tidak ada benda asing atau cairan yang menempel. 

Apabila menemukan sesuatu yang menempel pada kendaraan, segera bersihkan secara hati-hati menggunakan kain yang halus seperti mikrofiber. Dengan demikian, kotoran mudah dibersihkan tanpa merusak lapisan cat pada kendaraan.

4. Gunakan Poles Mobil

Untuk menjaga tampilan atau kilap cat pada kendaraan maka gunakan poles atau wax khusus. Saat ini sudah banyak poles khusus mobil yang dijual secara terpisah. Untuk memoleskannya, lebih baik dilakukan minimal setiap enam bulan sekali.

Disarankan untuk memilih poles dari bahan yang berkualitas, tidak membahayakan cat, serta bebas dari amonia. Sebab gas amonia bisa memicu korosi sehingga membuat cat dengan mudah mengelupas.

Penting menjaga kendaraan seperti pada bagian lapisan bodi agar tetap aman serta indah selama digunakan. Dengan perawatan yang tepat, cat mobil bisa bertahan lebih lama.